Harga bawang merah bawang merah di Pasar Tani milik Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Aceh lebih murah Rp3 ribu per kilogram, ketimbang harga di pasar tradisional pada umumnya.

"Iya disini lebih murah Rp2 ribu hingga Rp3 ribu per kilogramnya, dibanding di pasar-pasar lain," kata Pedagang Pasar Tani Andi di Banda Aceh, Rabu.

Dia menyebutkan pedagang menjual bawang merah di Pasar Tani itu dengan harga Rp28 ribu per kilogram, untuk bawang yang sudah dibersihkan. 

Sedangkan bawang merah dalam kondisi yang masih kotor atau banyak sampah itu dijual mulai harga Rp24 hingga Rp27 ribu per kilogram.

"Kalau harga di pasar-pasar (tradisional umumnya) itu sekarang mulai Rp30 sampai Rp31 per kilogram, lebih murah sedikit disini," kata dia.

Ia menyebutkan bawang merah itu merupakan komoditas dari Kabupaten Aceh Timur. Dia memasok bawang merah sebanyak 250 kilogram di Pasar Tani, yang berlangsung setiap Rabu tersebut.

Dia menilai hasil produksi bawang merah di provinsi paling barat Indonesia tergolong minim, bahkan tidak mencukupi kebutuhan lokal. Ketika petani bawang belum panen, dia kerap memasok barang dari luar Aceh.

"Iya produksi lokal kita kurang memang, tidak mencukupi kebutuhan lokal. Biasanya kalau kurang bawang itu impor dari Pulau Jawa," katanya.

Pewarta: Khalis Surry

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019