Camat Lut Tawar Kabupaten Aceh Tengah, Agus Kasim menargetkan seluruh anak di wilayahnya sudah memiliki Kartu Identitas Anak (KIA) paling lambat akhir Desember 2019.

Ia mengatakan untuk mencapai target tersebut pihaknya akan menggandeng Kader PKK dan kelompok Dasa Wisma yang tersebar di seluruh kampung.

"Sudah kita coba di Kampung Merah Mersa dan Kampung Kuteni Reje, kami melihat respon masyarakat sangat positif," kata Agus di sela-sela Sosialisasi Jajanan Sehat di SMPN 1 Takengon yang turut dihadiri oleh Ketua TP. PKK Aceh Tengah,  Puan Ratna di Takengon, Kamis.

Ia mengatakan keaktifan kelompok Dasa Wisma sangat membantu pihaknya, bahkan dalam melengkapi administrasi kependudukan seperti KIA.

Kepala Dinas Dukcapil Aceh Tengah, Mustafa Kamal menyambut baik inisiatif dari Camat Lut Tawar yang menargetkan cakupan KIA di wilayahnya, terlebih dengan peran aktif Dasa Wisma.

Menurutnya, untuk memenuhi cakupan KIA memang membutuhkan partisipasi semua komponen masyarakat, termasuk aparat kampung, kecamatan, bahkan kader PKK. Hal ini mengingat besarnya jumlah wajib KIA yang harus dilayani.

Total Wajib KIA Aceh Tengah menurut Mustafa mencapai 72.000 anak dan saat ini baru diterbitkan berkisar 5 persen sejak KIA diluncurkan oleh Bupati Aceh Tengah pada awal Agustus lalu, sehingga masih banyak "pekerjaan" yang harus dilakukan untuk memenuhi jumlah tersebut.

Khusus untuk wilayah Kecamatan Lut Tawar, jumlah Wajib KIA terkini mencapai 6.506 anak dan sudah tercetak sebanyak 458 KIA, sehingga target Camat Lut Tawar untuk memaksimalkan cakupan KIA hingga akhir Desember masih realistis.

"Kesadaran masyarakat terhadap Administrasi Kependudukan seperti KIA perlu terus ditingkatkan, untuk itu perlu partisipasi semua pihak," demikian Mustafa.
 

Pewarta: M Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019