Anggota DPR Aceh Teuku Raja Keumangan mengapresiasi sikap Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh Nova Iriansyah yang meminta agar dalam pelaksanaan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) 3 dan 4 di Kabupaten Nagan Raya menggunakan bahan baku dan tenaga ahli lokal.

“Arahan Plt Gubernur Aceh agar proses pembangunan PLTU 3 dan 4 di Kabupaten Nagan Raya agar menggunakan bahan baku dan tenaga lokal harus didukung oleh semua pihak," kata Teuku Raja Keumangan, Jumat.

Menurutnya, hal tersebut dapat memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat di daerah karena dapat memberikan kesempatan kerja yang luas bagi warga lokal dan menambah lapangan kerja baru bagi masyarakat.

Selain itu, penggunaan material lokal di Aceh dalam proyek pembangunan PLTU tersebut juga dapat meningkatkan pendapatan daerah dan masyarakat serta adanya pemanfaatan komponen lokal dalam setiap proses pembangunan di Aceh.

Selama ini, kata pria yang akrab disapa dengan sebutan TRK tersebut, banyak komponen bahan baku dan tenaga kerja dalam proyek strategis nasional tidak menggunakan komponen dan tenaga kerja lokal.

Hal ini tentu berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi di daerah dan masyarakat karena perputaran uang justru tidak terjadi di Aceh melainkan di luar Aceh.

"Saya sangat yakin apabila hal ini dilakukan (kesempatan kerja) maka banyak lulusan perguruan tinggi asal Aceh baik luar maupun dalam negeri yang mampu memberikan kontribusi dalam pembangunan Aceh ke depan," katanya menambahkan.

Sebelumnya, Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah yang berkunjung ke lokasi pembangunan PLTU 3 dan 4 di Kabupaten Nagan Raya pada Rabu (20/11) berharap agar dalam proyek tersebut melibatkan tenaga kerja lokal sehingga terbuka lapangan kerja baru bagi masyarakat.

Hal ini diharapkan kesempatan kerja bagi masyarakat di daerah akan terbuka secara lebar untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pendapatan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019