Anggota DPR Aceh Fuadri MSi mengatakan komposisi Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (APBA) mulai tahun 2020 harus mampu menurunkan angka kemiskinan di seluruh provinsi itu.

"Dana Pembangunan Aceh harus fokus digunakan untuk mengurangi angka kemiskinan Aceh hingga 0 persen pada tahun 2027," kata Fuadri saat dihugungi dari Meulaboh, Jumat.

Baca juga: Dana otsus mampu turunkan angka kemiskinan di Aceh hingga 8,11 persen

Menurutnya, berdasarkan data yang diterima dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2019 ini, Provinsi Aceh masih berada di urutan pertama termiskin di Pulau Sumatera jika dibandingkan dengan daerah lainnya.

Padahal, kata dia, jumlah anggaran yang dimiliki oleh Aceh sangatlah besar untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat paska bencana alam tsunami dan konflik bersenjata.

Baca juga: Abdullah Puteh sebut APBA harus fokus pengentasan kemiskinan di Aceh

Agar angka kemiskinan di Aceh dapat diturunkan, kata dia, maka setiap tahun Pemerintah Aceh harus mampu menurunkan kemiskinan di daerah ini minimal di angka dua persen.

Salah satu cara yaitu dengan memperbanyak kegiatan atau pun program pembangunan dan perekonomian yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, serta alokasi anggaran non publik juga harus dikontrol secara maksimal.

"DPRA akan mengawasi secara ketat penggunaan anggaran pembangunan Aceh agar tidak disalahgunakan untuk kepentingan non publik," kata Fuadri menambahkan.

Ia juga berharap pemerintah harus punya nurani dalam menganggarkan dana pembangunan Aceh serta harus mengutamakan kepentingan publik, tegasnya.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019