Direktur Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) Rizal Syahyadi mengatakan proyek pembangunan jalan tol Aceh ruas Lhokseumawe sudah masuk dalam tahap perencanaan pada tahun 2020 diharapkan menjadi peluang dan tantangan besar bagi lulusan teknik sipil perguruan tinggi negeri itu.

Hal itu disampaikannya saat kegiatan kuliah umum dengan tema "Peluang dan tantangan pendidikan tinggi vokasi bidang teknologi konstruksi dalam mendukung pembangunan infrastruktur” di gedung Auditorium PNL, Lhokseumawe, Selasa (26/11).

"Melalui kuliah umum yang dilaksanakan kemarin, kita akan revitalisasi peran lulusan dari pendidikan tinggi vokasi di dunia kerja untuk menjadi penghubung antara pekerja di lapangan dan perencana pada bidang konstruksi," kata Direktur PNL di Lhokseumawe, Rabu (27/11).


Dikatakannya, kegiatan tersebut diikuti oleh 500 mahasiswa dari jurusan teknik sipil PNL dan bertindak sebagai narasumber adalah akademisi Dr Ing Teuku Budi Aulia ST, Dipl.Ing (Ketua Jurusan Teknik Sipil Unsyiah) dan praktisi Soni Wijayanto (Project Engineering Manager PT. Adhi Karya, pada proyek pembangunan jalan tol ruas Sigli-Banda Aceh).

"Dengan adanya kuliah umum itu, saya mengharapkan agar mahasiswa jurusan teknik sipil PNL dapat ikut berperan aktif dalam pembangunan jalan tol Aceh ruas Lhokseumawe tersebut dan ini akan menjadi peluang dan tantangan bagi mahasiswa dalam mendukung pembangunan infrastruktur," katanya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan agenda Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Pemantapan Kurikulum Vokasi Berbasis Kompetensi dalam Era Revolusi Industri 4.0".

Dr Edi Majuar ST M.Eng.Sc selaku Ketua jurusan teknik sipil PNL mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan mensinergikan antara kompetensi yang dihasilkan pada jurusan teknik sipil terhadap tuntutan kerja di lapangan.

"Diharapkan mahasiswa teknik sipil PNL akan langsung siap untuk bekerja setelah lulus dari perkuliahan," kata Edi.

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019