Direktorat Lalu Lintas Polda Aceh terus berupa menekan angka kecelakaan lalu lintas di provinsi itu guna mengurangi jatuhnya korban jiwa di jalan raya.

Direktur Lalu Lintas Polda Aceh Kombes Pol Dicky Sondani di Banda Aceh, Sabtu, mengatakan penekanan angka kecelakaan lalu lintas akan menjadi program pada 2020.

"Untuk tahun ini, ada sedikit peningkatan kecelakaan lalu lintas. Namun ke depan, angka kecelakaan lalu lintas ini harus ditekan sekecil mungkin," kata Dicky Sondani.

Mantan Kapolres Aceh Tengah dan Aceh Tamiang itu menyebutkan cara menekan angka kecelakaan di jalan raya dengan meningkatkan sosialisasi berlalu lintas kepada masyarakat maupun pelajar.

Dicky Sondani menyebut kecelakaan lalu lintas banyak menimbulkan kematian dan cacat seumur hidup. Korban kecelakaan lalu lintas kebanyakan usia produktif yang merupakan aset bangsa.

"Sebagai aset, mereka tentu dijaga. Jangan setelah menjadi manusia berkualitas, mereka cacat atau meninggal dunia karena menjadi korban kecelakaan lalu lintas," kata perwira menengah Polri tersebut.

Mantan Kepala Bidang Humas Polda Sulawesi Selatan ini menyebutkan kecelakaan lalu lintas juga berdampak pada perekonomian masyarakat. Misalnya korban kepala keluarga, menyebabkan kemiskinan bagi keluarga yang ditinggalkan.

"Oleh karena itu, kami terus berupaya meningkatkan budaya tertib lalu lintas kepada masyarakat sebagai upaya menekan angka kecelakaan di jalan raya. Kami mengajak seluruh elemen masyarakat ikut bersama-sama menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas," kata Dicky Sondani.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019