Pemerintah Aceh melalui Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA) akan menggelar pentas kebudayaan dan kuliner asal provinsi itu di Solo.

“Kami telah bertemua dengan Wali Kota Solo guna membicarakan pembukaan pertukaran kebudayaan antara Aceh dan Solo dalam acara Pentas Kebudayaan Aceh dan Kuliner Aceh,” kata Kepala BPPA, Almuniza Kamal dalam siaran pers diterima Antara di Banda Aceh, Senin.

Ia menjelaskan pertemuan tersebut merupakan yang pertama dengan Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo guna membicarakan pembukaan kegiatan budaya Aceh di Solo, yang nanti akan dilaksanakan di CFD Slamet Riyadi pada 15 Desember, yang juga sebut sebagai program Indonesia Satu.

Selain mengadakan acara pembukaan pada 15 Desember, juga akan ada acara lainnya yakni pada bulan Februari tahun depan.

"Bulan Februari nanti akan ada kegiatan yang lebih besar dan lebih meriah lagi, yaitu kegiatan 1001 Penari Kolosal yang melibatkan pelajar dan mahasiswa Solo. Pemerintah Aceh dan Pemerintah Kota Solo akan menampilkan kesenian kolaborasi antara dua daerah," katanya. 

Walikota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo menyambut baik dan memberikan apresiasi terhadap pagelaran kesenian dari Pemerintah Aceh tersebut.

Hadi juga sudah menyampaikan agar Pemerintah Aceh dan Dinas Kebudayaan (Disbud) Solo untuk melakukan koordinasi agar pagelaran dua kebudayaan antara Aceh dan Solo berjalan dengan baik.


Ketua Panita pagelaran Pentas Kebudayaan dan Kuliner Aceh 15 Desember 2019 mendatang, Izzul mengatakan telah merampungkan berbagai persiapan untuk acara tersebut mulai dari perizianan tempat dan berbagai keperluan lainnya.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019