Pelaksana tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah mendepat anugerah penghargaan dari Kementerian Pertanian untuk "Peningkatan Produksi dan Pembangunan Perkebunan Berkelanjutan", khususnya bidang peremajaan (replanting) perkebunan sawit, kata pejabat setempat.

"Nova Iriansyah dinilai memiliki kepedulian di bidang pembangunan perkebunan pada umumnya, dan teristimewa terkait peremajaan sawit di Aceh," kata Kepala Dinas Pertanian dan Perekebunan Aceh, A Hanan dihubungi di Banda Aceh, Rabu.

Ia menjelaskan piagam penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Dirjen Perkebunan Kementerian Perkebunan RI, Kasdi yang diterima dirinya mewakili Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah.

Ia menyebutkan kemajuan replanting sawit saat ini hampir mencapai 15 ribu hektar telah diterbitkan Rekomendasi Teknis Provinsi dan seluas 13 ribu hektare di antaranya telah memiliki Rekomendasi Teknis Dirjen Perkebunan.

Sedangkan dana yang telah disalurkan kepada rekening kelompok petani sawit di Aceh mencapai Rp120 miliar lebih. "Saat ini para petani sedang melakukan penanaman sawit, seperti di Kabupaten Aceh Tamiang dan Nagan Raya," kata Hanan.

Ia menambahkan pada peringatan Hari Perkebunan tahun 2019 ini, Aceh juga mendapat penghargaan pada kategori lain, yaitu Penghargaan Sertifikasi Organik Kopi Arabika Gayo untuk Kabupaten Bener Meriah, Penghargaan Kewirausahaan kepada Bupati Aceh Tamiang, dan Kelompok Tani Inovatif Gula Sawit yang diterima Kelompok Tani Pama Mandiri dari Kabupaten Aceh Tamiang.

"Kita sangat optimistis dengan berbagai penghargaan yang diraih ini akan meningkatkan gairah para petani sawit, sehingga bekerja lebih keras dalam upaya meningkatkan produksi sawit di Aceh," kata Hanan.

Pewarta: M Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019