Pewarta foto dari Perum LKBN Antara Biro Aceh Irwansyah Putra berhasil meraih juara dua dalam lomba foto cerita jurnalistik pada ajang Anugerah Jurnalistik Aceh Hebat, yang diselenggarakan Pemerintah Aceh.

Irwansyah mengemas foto ceritanya tentang potret perikanan Aceh. Foto-foto hasil bidikannya memberi pesan tentang potensi perikanan dan kelautan Aceh diperkirakan mencapai 272,7 ribu ton per tahun. 

Serta potret para nelayan Aceh dengan segala aktivitasnya, yang tercatat jumlah kapal penangkap ikan diperkirakan lebih 16 ribu unit dan jumlah nelayan yang menggali sumber daya kelautan berkisar 64 ribu orang lebih. 

"Terimakasih atas apresiasi yang diberikan Pemerintah Aceh kepada karya saya melalui Anugerah Jurnalistik Aceh Hebat ini," kata Irwansyah usai menerima penghargaan di Banda Aceh, Jumat.

Penghargaan itu diberikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Taqwallah di Gedung Serbaguna Kantor Gubernur Aceh. Kategori ini juara pertama diraih M Anshar dari Harian Serambi Indonesia dan Eno Sunarno dari Harian Rakyat Aceh.

Dari keluarga Antara Biro Aceh, selain Irwansyah, pewarta foto Antara wilayah kerja pantai Barat Selatan Aceh Syifa Yulinnas juga masuk dalam nominasi foto cerita kategori jurnalis. Serta Khalis Surry kontributor Antara teks yang berhasil meraih juara dua foto cerita kategori umum.

Taqwallah mengatakan Anugerah Jurnalistik Aceh Hebat 2019 tersebut merupakan kegiatan yang diselenggarakan Pemerintah Aceh dengan melibatkan peran serta para jurnalis. 

Ajang itu bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada jurnalis yang telah memiliki kepedulian dalam mempublikasi informasi 15 program Pemerintah Aceh hingga 2022.

"Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana pemacu profesionalitas para jurnalis dalam menyajikan informasi yang komprehensif berdasarkan keakuratan data dan fakta," katanya.

Selain kategori foto cerita, dalam anugerah tersebut juga terdapat lomba tulisan kategori jurnalis dan kategori umum. Pemenang pertama diraih Nazar Ahadi dari Ajnn.net, juara dua diraih Zulkarnaini dari Harian Kompas dan Azhari Usman dari Penapost.com kemudian kategori umum juara satu diraih Hayatullah Pase, kedua Liza Fathiarini, dan ketiga Ismawardi.

Pewarta: Khalis Surry

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019