Sebanyak tujuh santri Dayah Insan Qurani Aceh Besar lulus kuliah ke Universitas Al-Azhar Cairo, Mesir serta seorang santri dayah tersebut juga lulus di Universitas Pendidikan Sulthan Idris, Malaysia.

Ketujuh santri yang lulus ke Al Azhar yakni Ahmad Fauzan Adhima, Zaghlul Zaini, Fitrahul Suryanda, Afdhalul Akbar, Farah Amalia Thifal, Muna Sukya Yusuf dan Aulia Hanif dan Ahmad Azka Ridha ke Malaysia.

Pimpinan Dayah Insan Qurani (IQ) Ustadz Muzakkir mengatakan mereka dijadwalkan berangkat ke Cairo melalui Bandara SIM Aceh Besar pada Senin 23 Desember 2019. Katanya, minat alumni dayah itu untuk kuliah di luar negeri sangat besar terutama di Mesir, bahkan tahun sebelumnya lulus di Timur Tengah.

"Alhamdulillah tahun ini tujuh santri kita lulus ke Mesir, artinya minat belajar santri kita di luar negeri, khusus di Mesir persentasenya sangat tinggi. Kami mengharapkan anak-anak bisa membangun disiplin yang kuat, semangat dalam mengembangkan kemampuan diri," katanya di Aceh Besar, Minggu.

Dia menyebutkan total santri dayah QI yang lulus ke luar negeri sebanyak 15 orang. Selain tujuh orang ke Mesir, dan satu ke Malaysia, ada juga sebanyak enam orang santri lulus ke Sudan serta satu orang Brunei Darussalam.

"Semua harus ambil halaqah di sana. Karena salah satu nilai lebih di Mesir adalah bisa belajar halaqah bersama-sama syeikh," katanya.

Muzakkir berharap alumni IQ mampu beradaptasi di sana dengan bekal ilmu yang diperoleh selama berada di dayah. 

"Harus semangat dalam membaca, pandai-pandai dalam bergaul, pandai-pandai dalam memilih majelis ilmu, pandai dalam bersosial, targetnya kalian bisa selesai tepat waktu dan bisa segera lanjut studi lagi," katanya.

Salah seorang alumni dayah IQ Zaghlul Zaini menyebutkan mengaku bersyukur atas kesempatan yang didapatkan. Ia akan memanfaatkan kesempatan tersebut untuk belajar dengan giat.

"Kami pergi sebagai Insan Qurani, dan kembali Insya Allah sebagai Insan Qurani. Kami memohon keridhaan semua guru-guru kami di dayah dengan harapan segala proses belajar di sana diberkahi dan dimudahkan oleh Allah SWT," katanya.

Untuk diketahui hingga kini jumlah alumni IQ yang kuliah di negeri piramida berjumlah 24 orang, kemudian di Sudan sebanyak enam orang, dan satu orang di Maroko, Brunei Darussalam serta Malaysia.

Pewarta: Khalis Surry

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019