Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Tengah memastikan ada dua unit rumah rusak berat dan enam rumah terkena imbas api dalam peristiwa kebakaran di pusat kota Takengon, Jumat (27/12) malam.
 
Kepala Pelaksana BPBD Aceh Tengah Thamrin Elasri di Takengon Sabtu mengatakan dua rumah rusak berat adalah milik Fauziah (Ipo) dan Titin Sumarni.
 
Sementara enam rumah yang terkena imbas api masing-masing adalah milik Azwar Abidin (56), Jasman (60), Fatimah (75), Buyung, Hutapea, dan Murtasinah.
 
Kebakaran terjadi sekira pukul 22.30 WIB tepatnya di kawasan Blang Mersa, Kampung Takengon Timur, Kecamatan Lut Tawar pada perbatasan dengan Kecamatan Bebesen, Aceh Tengah.
 
"Api dapat dipadamkan 30 menit dengan menurunkan 6 unit Damkar," kata Thamrin Elasri.
 
Pemilik salah satu rumah yang terkena imbas api Jasman menuturkan bahwa ia segera menyelamatkan barang-barang berharga dari dalam rumahnya mengantisipasi api menjalar, walau akhirnya rumah miliknya itu selamat dari peristiwa kebakaran tersebut.
 
"Saya udah tidur, ada yang ketok-ketok pintu katanya kebakaran. Saya langsung selamatkan barang-barang," tutur Jasman, Jumat malam.
 
Petugas pemadam kebakaran tampak harus berjibaku memadamkan api dalam peristiwa ini karena lokasi kebakaran berada pada kawasan padat penduduk dan lorong sempit.
 
Para petugas harus memasuki rumah-rumah warga lainnya untuk dapat menjangkau titik api.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Sementara hingga saat ini pihak kepolisian setempat masih menyelidiki penyebab kebakaran.

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019