Pemerintah Kota Sabang menyebutkan wilayah Pulau Weh tersebut akan bertambah satu kecamatan baru, yang diperkirakan akan terealisasi pada 2020.

"Insyaallah sudah pasti kita tambah sebuah kecamatan baru yaitu kecamatan Suka Makmue," kata Walikota Sabang, Nazaruddin di Banda Aceh, Selasa.

Dia menyebutkan Pemerintah Kota Sabang telah membebaskan lahan untuk pembangunan kantor camat bagi kecamatan baru tersebut. Sejauh ini pengusulan kecamatan itu tidak terkendala apapun.

"Insyaallah akan terealisasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), sudah kita usulkan Insyaallah tidak masalah," ujarnya.

Ia menyebutkan semua persyaratan telah dilengkapi untuk penambahan satu kecamatan tersebut, baik menyangkut dengan luas wilayah, serta jumlah penduduk telah terpenuhi dan disepakati oleh pemerintah pusat.

Beberapa gampong (desa) yang akan masuk dalam kecamatan baru tersebut yakni Gampong Iboh, Batee Shok, Paya, Keunekai, dan Paya Seunara serta Beurawang.

Selama ini enam gampong tersebut masuk dalam wilayah definitif di Kecamatan Suka Karya dan Kecamatan Suka Jaya.

"Insyaallah kita akan dapat satu kecamatan lagi, dan kita menjadi tiga kecamatan. Tahapan sudah kita lalui, kita tinggal menunggu, 2020 akan terealisasi," tambahnya.

Pewarta: Khalis Surry

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019