Puluhan personel Brimob Polda Aceh bersama tim Search And Rescue (SAR) Kabupaten Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe melakukan siaga untuk mengamankan objek wisata pesisir pantai Ujong Blang, Kecamatan Banda Sakti, Minggu.

Pengamanan yang dimulai sejak tanggal 1 hingga 6 Januari 2020 tersebut difokuskan untuk memastikan keamanan wisatawan yang sedang berlibur.

Komandan Batalyon (Danyon) B Pelopor AKBP Ahmad Yani melalui Danki 1 Batalyon B Iptu M Nafis Luthfy SH mengatakan puluhan personel Brimob bersama tim SAR ditugaskan untuk memastikan keamanan wisatawan yang sedang berlibur di pantai Ujong Blang Kota Lhokseumawe.

"Selain menurunkan puluhan personel, kita juga mendirikan beberapa tenda yang difungsikan sebagai posko dan pusat pengaduan bagi wisatawan," katanya.

Kemudian, kata Nafis, pihaknya telah menyiapkan kendaraan dan alat penyelamatan laut, perahu karet dan alat pertolongan lainnya serta satu unit mobil ambulans.

"Kita memberikan pengamanan dan pengawasan terhadap pengujung di objek wisata pantai. Apalagi saat ini sedang musim hujan dan curah hujan tinggi dikhawatirkan akan membuat air laut pasang," kata Nafis.

Menurutnya, kegiatan ini berlangsung mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan sore pukul 18.20 WIB juga akan dilakukan patroli di bibir pantai.

Dipilihnya pantai Ujong Blang ini dikarenakan pantai tersebut merupakan destinasi wisata bahari favorit bagi sebagian besar masyarakat.

"Kita imbau kepada pengunjung yang ingin di pantai agar lebih mengutamakan keselamatan, seperti pentingnya penggunaan pelampung serta jangan terlalu ke tengah apabila ingin mandi di laut,” katanya.

Selain itu, tim juga memberikan edukasi kepada wisatawan agar selalu waspada dan menjaga anak-anak mereka saat mandi di pantai, mengingat ombak pantai terbilang tinggi dan ditambah dengan angin kencang.

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020