Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam, Prof Samsul Rizal menyatakan masa registrasi akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang semulanya ditutup pada tanggal 7 Januari 2020, diperpanjang hingga tanggal 9 Januari 2020 pukul 17.00 WIB. 

"Perpanjangan masa registrasi ini sesuai dengan surat edaran yang ditandatangani Ketua Tim Pelaksana LTMPT, Mohammad Nasih pada Selasa 7 Januari 2020," katanya di Banda Aceh, Selasa.

Ia menjelaskan perpanjangan tersebut dilakukan karena masih banyak siswa maupun sekolah yang belum melakukan finalisasi atau mempermanenkan data akun pendaftaran LTMPT. 

Perpanjangan tersebut juga untuk memberi kesempatan luas kepada siswa dan sekolah agar dapat mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi pada tahun 2020.

Menurut Rektor perpanjangan masa registrasi akun LTMPT juga memberi peluang kepada seluruh sekolah dan siswa untuk melengkapi proses pendaftaran hingga akhir. 

"Berdasarkan data LTMPT Pusat pada tanggal 6 Januari lalu, di Provinsi Aceh tercatat baru 38 persen sekolah yang telah mempermanenkan datanya. Jumlah ini masih jauh dari batas maksimal," katanya.

Pihaknya berharap siswa dan sekolah memanfaatkan waktu perpanjangan tersebut sebaik mungkin mengingat waktu yang diberikan tinggal dua hari lagi.

Ia juga menambahkan, jika hingga batas waktu akhir siswa/sekolah belum atau tidak melakukan registrasi akun LTMPT, maka siswa tidak dapat mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun ini dan mereka masih memiliki kesempatan untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). 

Sementara untuk SBMPTN, siswa harus melakukan pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan registrasi akun LTMPT tahap kedua yang akan dilayani pada tanggal 7 Februari-5 April 2020.

"Kami mengimbau siswa dan sekolah tetap memanfaatkan peluang pertama untuk masuk perguruan tinggi negeri. Akun LTMPT merupakan keharusan yang wajib dimiliki setiap calon peserta yang akan mengikuti Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) tahun 2020," katanya. 

Ia menambahkan pendaftaran tersebut juga bagian dari kebijakan Single Sign On (SSO) yang diterapkan pemerintah di tahun ini. Pendaftaran ini dapat dilakukan oleh sekolah dan calon peserta melalui lamanÿhttps://portal.ltmpt.ac.id .

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020