Pemerintah Aceh melalui Dinas Energi Sumber Daya Energi (ESDM) menyatakan sepanjang tahun 2019 telah memasang sebanyak 5.844 sambungan listrik gratis untuk keluarga kurang mampu di provinsi setempat

“Program pemasangan listrik gratis untuk masyarakat miskin ini akan dilanjutkan kembali pada tahun 2020,” kata Kepala Dinas ESDM Aceh, Mahdinur di Banda Aceh, Rabu.

Ia menjelaskan pada tahun 2020 pihaknya akan memasang aebanyak 920 rumah tangga miskin yang tersebar di enam kabupaten masing-masing Aceh Timur, Aceh Utara, Bireuen, Gayo Lues, Aceh Barat Daya dah Aceh Tenggara.

Ia mengatakan masing-masing rumah keluarga penerima manfaat akan dipasangkan listrik dua ampere.

Mahdinur mengatakan Pemerintah Aceh secara bertahap akan melakukan pemasangan listrik gratis bagi seluruh masyarakat miskin di seluruh Aceh.

“Kami targetkan pada tahun 2022 seluruh masyarakat di Aceh sudah dapat menerima akses energi listrik,” katanya.

Ia menambahkan penyediaan listrik untuk keluarga miskin tersebut merupakan salah satu program Pemerintah Aceh yaitu Aceh Energi.

“Alhamdulillah, selama dua tahun pemerintahan Aceh Hebat, hampir 100 persen rumah sederhana di Aceh telah dialiri listrik dan juga beberapa kontrak industri energi yang telah ditandatangani,” katanya.

Pewarta: M Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020