Anggota DPR Kabupaten Aceh Utara Ismail A Rahman mengajak para keuchik (kepala desa), tokoh agama, cendekiawan dan berbagai lapisan masyarakat Kecamatan Langkahan untuk bersinergi memajukan daerah itu ke arah yang lebih baik lagi.

“Kita harus bersinergi demi kemajuan Langkahan ke depannya, baik itu dari segi pembangunan infrastruktur maupun persiapan lainnya seperti peningkatan SDM bagi generasi penerus, karena ini merupakan tanggungjawab bersama,” kata Tgk Linud sapaan akrab Ismail A Rahman yang juga putra asli Langkahan, Selasa.

Pernyataan itu disampaikan Tgk Linud yang juga Ketua Fraksi Partai Aceh dalam kata sambutannya pada acara pelantikan Imum Mukim Kemukiman Lueng Angen, Abdul Ghafar Budiman, S.Ag di Balai Desa Kecamatan Langkahan yang dilantik Camat Kausar SE dihadiri pihak Muspika, tokoh agama, para keuchik dan tokoh masyarakat.

Anggota dewan ini juga berharap dan mendorong agar seluruh lapisan masyarakat yang ada di kecamatan itu dan kecamatan lainnya yang ada di Aceh Utara untuk bersatu dan kompak demi kemajuan daerah yang lebih baik lagi.

“Mari sama-sama kita tuangkan pikiran, ide serta gagasan dalam memajukan daerah yang kita cintai ini, jangan ada istilah jalan sendiri- sendiri demi kepentingan pribadi sehingga terabaikan kepentingan bersama,” tegasnya.

Tgk Linud berharap agar ke depannya Kecamatan Langkahan khususnya dan umumnya Aceh Utara harus benar- benar keluar dari berbagai aspek ketertinggalan.

Di lain sisi, Tgk Linud juga mendorong para keuchik dan perangkat desa untuk dapat membuat qanun gampong tentang adat dan reusam, sehingga setiap perkara hukum ringan atau konflik sosial yang terjadi dapat diselesaikan dengan acuan qanun itu, lebih arif dan bijak sesuai kearifan lokal yang telah diatur dalam qanun dan tidak melanggar dengan aturan hukum dalam qanun syariat.

"Selama ini kita sering mendegar bahwa ketika terjadi suatu perkara hukum di gampong sering diselesaikan tanpa aturan tertulis milik gampong atau semacam qanun, tentu saja ini sangat berisiko digugat," pungkasnya.
 

Pewarta: Zubir

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020