Harga jual gabah kering panen di tingkat petani Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) bertahan Rp5.000 hingga Rp5.100/kg pada musim panen gadu 2019-2020.

“Alhamdulillah sudah tiga hari ini harga gabah masih bertahan pada kisaran Rp5.000 - Rp5.100/kg,” kata salah seorang petani di Kecamatan Manggeng, Kabupaten Abdya Syafari di Blangpidie, Rabu.

Menurutnya, harga gabah ditampung pedagang Rp5000/kg tersebut sudah lumayan baik jika dibandingkan dengan harga musim panen sebelumnya yang hanya sebesar Rp4.700/kg.

Petani sawah itu juga mengaku sehari yang lalu dirinya ada menjual gabah kering panen pada agen pengepul dengan harga Rp5.000/kg.

“Terkadang lebih tinggi lagi, seperti saudara saya baru-baru ini menjual gabah kering panen dengan harga Rp5.100/kg,” katanya.

Berbedanya harga jual gabah tergantung pada kualitas padi yang dijual, apalagi hujan turun ketika proses panen padi di sawah berlangsung.

“Bisa jadi karena musim hujan makanya murah. Tapi kalau sepekan yang lalu sempat bertahan harga Rp5.100/kg,” tuturnya.

Pernyataan petani sawah tersebut dibenarkan oleh salah seorang pedagang pengepul padi di Kecamatan Manggeng, Ismail.

“Iya benar, tergantung kualitas padi juga. Kalau musim hujan, padinya terlalu basah tentu harganya sedikit murah. Tetapi kalau bagus bisa mencapai Rp5.000-Rp5.100/Kg,” katanya.
 

Pewarta: Suprian

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020