Gedung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Percontohan Kabupaten Aceh Tengah diresmikan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tengah Uswatuddin mengatakan gedung percontohan tersebut merupakan satu-satunya di Aceh yang dibangun oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

"Di Indonesia hanya ada 15 unit yang dibangun oleh Kemendikbud," kata Uswatuddin dalam acara peresmian di Takengon, Kamis.

Uswatuddin berharap dengan diresmikannya Gedung PAUD Percontohan tersebut kedepannya dapat menjadi yang terbaik di Aceh untuk pendidikan anak usia dini.

Dia juga berharap kehadiran PAUD ini bisa menjadi percontohan yang baik khususnya di Aceh Tengah untuk pengembangan pendidikan anak usia dini di masa-masa mendatang.

"Kami berusaha untuk menjadikan PAUD ini terbaik di Aceh," tutur Uswatuddin.

Sementara Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar dalam sambutannya menyampaikan bahwa pendidikan di usia dini bagi anak sangatlah penting sebagai langkah awal pembentukkan karakter anak.

"Dan juga sebagai modal dasar untuk anak dapat beradaptasi dengan tahap-tahap proses pendidikan dan proses ketika mereka beranjak dewasa," kata Shabela Abubakar.

Menurutnya pendidikan karakterlah yang harus diutamakan bagi anak di usia dini seperti membiasakan anak berdoa sebelum melakukan sesuatu, membiasakan bangun pagi, mencuci tangan, membuang sampah pada tempatnya, dan budaya mengantre.

"Dan sifat-sifat terpuji lainnya. Jangan kita paksakan anak harus pandai membaca, menulis, dan berhitung pada usia dini. Biarkanlah mereka belajar sambil bermain, bergaul, dan berinteraksi dengan teman sebaya dan guru," tutur Shabela Abubakar.

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020