Puluhan dokter yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Cabang Provinsi Aceh mengadakan kegiatan bakti sosial keliling (roadshow) di Kabupaten Aceh Barat dan Nagan Raya, 25-26 Januari 2020. 

“Kegiatan roadshow ini merupakan agenda rutin yang dilakukan PAPDI Cabang Provinsi Aceh setiap tahun. Kegiatan ini melibatkan para dokter spesialis penyakit dalam dan subspesialis penyakit dalam dari seluruh kabupaten/kota di Aceh,” kata Ketua PAPDI Cabang Provinsi Aceh DR Dr M Diah Yusuf SpPD FCIC, KKV, FINASIM dalam siaran pers diterima Selasa (28/1).

Ada pun dokter spesialis penyakit dalam yang hadir dari 11 divisi subspesialis yang terdiri dari Alergi-Imunologi, Gastroentero-hepatologi, Geriatri, Ginjal-Hipertensi, Hematologi-Onkologi Medik, Kardiovaskular (Jantung), EndokrinMetabolik-Diabetes, Psikosomatik, Pulmonologi (Paru), Reumatologi, Penyakit-TropikInfeksi. 

Kegiatan roadshow ini, kata dr M Diah Yusuf, terdiri dari seminar medis dan workshop yang dipusatkan di Kabupaten Aceh Barat. Sedangkan seminar awam, senam diabetes dan bakti sosial pengobatan gratis dilaksanakan di Kabupaten Nagan Raya. 

Menurutnya, seminar medis dan workshop ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan ilmu kedokteran bagi dokter umum dan paramedis dengan mendatangkan dokter subspesial penyakit dalam, sehingga dapat meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Kabupaten Aceh Barat dan Nagan Raya. 

“Workshop pada kegiatan ini dibagi menjadi workshop tentang luka kaki diabetes dan workshop cara membaca EKG bagi dokter umum,” katanya menambahkan. 

Kegiatan ini lebih ditujukan kepada masyarakat umum tentang penyakit seperti tanda atau gejala serangan jantung, gangguan penyakit ginjal, gangguan penyakit hati, penyakit usia tua dan lain-lain. 

Ada pun kegiatan bakti sosial dipusatkan di Puskesmas Uteun Pulo, Kabupaten Nagan Raya dengan mendatangkan beberapa dokter subspesialis penyakit dalam seperti subspesialis kardiovaskular (jantung), subspesialis gastroenterohepatologi (lambung dan hati), subspesialis endokrin-metabolik-diabetes, dan lain-lain. 

Antusias masyarakat sekitar terhadap kegiatan bakti sosial ini sangat tinggi yang ditandai dengan jumlah kunjungan pasien berobat yang mencapai 300 orang. 
Puluhan dokter yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Cabang Provinsi Aceh mengikuti kegiatan sepeda santai yang dipusatkan di Lapangan Teuku Umar Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Minggu (26/1/2020). (ANTARA/HO)

Warga berharap agar acara seperti ini rutin dilakukan sehingga kualitas kesehatan masyarakat kabupaten Aceh Barat dan Nagan Raya semakin baik. 

Kegiatan roadshow dilanjutkan dengan pertandingan persahabatan sepak bola antara PAPDI Cabang Provinsi Aceh dan IDI Aceh Barat-IDI Nagan Raya. 

PAPDI Cabang Aceh melakukan rapat kerja daerah yang dihadiri perwakilan spesialis penyakit dalam dari seluruh Aceh, kata M Diah. 

Rakerda membahas peran PAPDI Cabang Provinsi Aceh dalam meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat dan pemerataan distribusi dokter spesialis penyakit dalam di seluruh Aceh, dengan jumlah anggota PAPDI Aceh sendiri saat ini sudah mencapai 120 orang. 

Kegiatan roadshow PAPDI Aceh ditutup dengan acara funbike yang diikuti peserta yang mencapai 100 orang di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, tutupnya.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020