Komandan Kodim 0114/Aceh Jaya Letkol Czi Arief Hidayat menghimbau semua pihak untuk bersama-sama mencegah terjadinya kabakaran hutan dan lahan (Karhutla) di kawasan Kabupaten Aceh Jaya, apalagi saat ini musim kemarau.

Komandan Kodim 0114/Aceh Jaya Letkol Czi Arief Hidayat di Calang, Senin menyatakan kawasan Aceh Jaya saat ini sedang dilanda musim kemarau yang sangat rentan timbulnya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

"Saat ini daerah kita sedang dilanda musim kemarau. Kondisi seperti ini sangat rentan akan timbulnya kebakaran lahan. Mari sama-sama kita antispasi dan cegah bersama-sama," kata Dandim.

Kepada warga yang ingin membuka lahan pertanian, Dandim meminta agar tidak melakukannya dengan cara dibakar.

"Jangan membuka lahan dengan cara dibakar karena dikhawatirkan tidak terkendali dan menimbulkan kerusakan lingkungan yang lebih besar," kata Dandim.

Dandim juga mengungkapkan dalam beberapa hari terakhir terpantau titik api di beberapa kecamatan dalam Kabupaten Aceh Jaya.

"Beberapa hari terakhir terjadi pembakaran lahan di Kecamatan Setia Bakti, Sampoiniet dan Panga. Semuanya bisa kita atasi berkat kerja sama antara jajaran Kodim 0114/Aceh Jaya, Polres Aceh Jaya dan BPDB Aceh Jaya serta warga," kata Letkol Czi Arief Hidayat.

Untuk memastikan kawasan Aceh Jaya bebas dari Karhutla Dandim telah mengerahkan jajarannya untuk melakukan patroli dan sosialisasi kepada warga.

"Kita akan patroli bersama kepolisian dan dinas terkait setiap hari dan menyosialisasikan kepada warga agar sama-sama berpartisipasi mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan," kata Dandim.

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020