Pasca penempelan stiker warga miskin, lebih seratusan peserta penerima bantuan program keluarga harapan (PKH) di Kabupaten Aceh Jaya mundur secara mandiri.

"Untuk saat ini lebih seratusan yang sudah mundur dari PKH, salah satunya memang karena adanya penempelan stiker," kata Darkasyi Koordinator Kabupaten PKH Aceh Jaya di Calang, Rabu (5/2).

Baca juga: Dinsos Aceh ingatkan pendamping jangan coba pangkas bantuan PKH

Ia menyampaikan data yang sudah masuk ada 103 keluarga yang sudah mengundurkan diri dari penerima PKH.

"Secara keseluruhan penerima di Aceh Jaya pada tahun 2019 ada 4.652 penerima namun saat ini tinggal 4.473 orang," kata Darkasyi.

Baca juga: Pemotong dana Program Keluarga Harapan divonis dua tahun enam bulan

Sementara itu Bupati Aceh Jaya T Irfan Tb mengatakan pemasangan stiker di rumah warga Aceh Jaya ini agar nampak siapa yang layak menerima bantuan nasional tersebut.

Ia berharap dengan adanya program tersebut dapat menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Aceh Jaya dapat terwujud.

"Dengan adanya stiker di rumah warga penerima PKH. Dinas terkait dapat dengan mudah memantau langsung bantuan yang telah diberikan selama ini," kata T Irfan Tb.

Irfan berharap dengan program bantuan PKH ini kebutuhan keluarga tidak mampu di Aceh Jaya bisa tercukupi, sehingga tahun depan penerima PKH di daerah itu semakin menurun.

"Kepala keluarga yang mundur ini menjadi bukti jika mereka sudah merasa mandiri dan mencukupi kebutuhan keluarganya. Namun tidak tertutup kemungkinan yang sudah terpasang stiker PKH tahun ini bisa jadi tahun depan tidak menerima lagi jika keluarganya sudah mandiri," kata Irfan Tb.

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020