PT Solusi Bangun Andalas (SBA) meraih penghargaan zero accident tahun 2020 dari Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk (Disnakermobduk) Aceh.

Penghargaan tersebut diraih setelah berhasil mempertahankan lebih dari 2,5 juta jam kerja nihil kecelakaan untuk kurun waktu 2018 dan 2019. 

“Budaya K3 adalah prioritas dan komitmen setiap pekerja di SBA, kami juga terus memastikan bahwa semua orang yang bekerja dan berkunjung di lingkungan operasional senantiasa aman, sehat dan selamat,” kata General Manager SBA, Durain Parmanoan di Aceh Besar, Rabu.

Pernyataan itu disampaikannya di sela sela dalam memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional yang dicanangkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan pada Januari 2020, 

Ia menjelaskan atas capaian tersebut pihaknya mendapat penghargaan Zero Accident (nihil kecelakaan kerja) kepada dalam apel peringatan bulan K3 Tahun 2020 di halaman Disnakermobduk Aceh.

Ia mengatakan dalam memperingati bulan K3 2020 ini, SBA juga menggelar berbagai kegiatan perlombaan, edukasi dan pelatihan seputar K3 sebagai upaya semakin mengenalkan fungsi dan menerapkan budaya K3 baik di dalam wilayah operasional perusahaan maupun lingkungan sekitar.

Salah satunya upaya yang dilakukan adalah gerakan masyarakat untuk senam pagi dan edukasi K3 di Sekolah Menengah Atas (SMA) di Lhoknga dan Leupung. 

Kegiatan-kegiatan tersebut tidak hanya melibatkan para karyawan, namun juga para karyawan kontraktor, serta para guru dan tokoh masyarakat setempat.

SBA juga menyelenggarakan berbagai lomba seperti lomba video yel-yel bertema K3, lomba poster K3, lomba pemadaman api, bincang-bincang kesehatan bersama ahli gizi, pemeliharaan lingkungan di dalam pabrik, penanaman pohon, senam pagi dan kegiatan lainnya.


“Program-program ini kami laksanakan sebagai upaya perusahaan untuk terus memperkuat budaya K3 dalam bekerja dan beraktivitas sehari-hari,” katanya.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Lhoknga, Eka Sari Dewi sangat mendukung terhadap inisiatif SBA dalam peringatan Bulan K3 Nasional tahun 2020. 

“Kami sangat mendukung kegiatan edukasi K3 di Sekolah Menengah Atas ini dan semua program SBA untuk menjaga kesehatan dan keselamatan kerja. Budaya kepatuhan sangat baik ini juga bermanfaat untuk selalu menjaga kewaspadaan kita dalam beraktivitas sehari-hari, di mana pun, kapan pun,” katanya.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020