Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh Prof Warul Walidin menyatakan lulusan perguruan tinggi tersebut harus mampu melahirkan lapangan pekerjaan baru yang tidak hanya untuk diri sendiri, tapi juga untuk orang sekitar.

"Seorang sarjana alumni UIN Ar-Raniry dengan kemampuan intelektualitas yang dimiliki saat dibangku kuliah harus mampu mengimplementasikannya di masyarakat yakni dengan menciptakan lapangan kerja baru untuk masyarakat,"kata Warul Walidin di Darussalam, Banda Aceh, Sabtu.

Pernyataaan itu disampaikannya di sela-sela  mewisuda sebanyak 1771 orang lulusan pada semester ganjil tahun akademik 2019/2020 di gedung auditorium Prof Ali Hasjmy Darussalam.

Ia menjelaskan lulusan UIN Ar-Raniry Banda Aceh harus mampu membaca perkembanganÿsocial-politicÿyang sedang terjadi sehingga melahirkan berbagai inovasi baru sebagai ragam solusi dalam pemecahan masalah atau kasus yang sedang terjadi.

"Anda yang di wisuda hari ini, jangan pernah berhenti menyusun langkah dan strategi masa depan. Anda harus memiliki semangat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi guna bersinergi dalam membangun peradaban akademis yang lebih unggul disegala bidang," katanya.

Warul mengajak alumni perguruan tinggi tersebut untuk terus bangkit dan bergerak guna menciptakan perubahan demi perubahan sehingga masyarakat sekitar mengenal kalian sebagai orang yang berilmu pengetahuan dan pekerja keras.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry, Dr Gunawan menyebutkan rapat senat terbuka wisuda doktor, magister, sarjana semester ganjil tahun akademik 2019/2020 berhasil meluluskan 1771 lulusan yang terdiri dari 4 orang program doktor, 105 orang Magister Agama Islam dan 1662 orang program sarjana.

Gunawan mengatakan dengan bertambahnya empat orang program doktor, 105 orang Magister Agama Islam dan 1662 orang lulusan program sarjana strata satu (S1) maka jumlah alumni UIN Ar-Raniry sampai saat ini berjumlah 41.861 orang.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020