Sebanyak 14.499 peserta se-Indonesia mengikuti Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN-IC) Tahun 2020.

“SNPDB ini berlangsung serentak secara nasional dengan jumlah keseluruhan 14.499 peserta. Mereka memilih MAN-IC Aceh Timur sebanyak 336 peserta,” kata Ketua Panitia SNPDB MAN IC Aceh Timur, Shulfan di Idi, Minggu (23/2).

Dikatakannya, 336 peserta yang memilih MAN IC Aceh Timur mengikuti SNPDB di tiga lokasi yaitu 16 peserta di MAN 1 Meulaboh (Aceh Barat) 160 peserta di MAN 2 Kota Medan,  dan 214 peserta di MAN IC Aceh Timur.

“Kuota MAN IC Aceh Timur tahun ini cuma sebanyak 96 kursi. Dan untuk merebutnya mereka harus bersaing dan menjawab 120 butir soal secara online yang dimonitoring oleh Ditektorat Jendral Pendidikan Islam Kamenterian Agama RI dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh,” kata Shulfan.

Materi ujian berbasis Computer Base Test (CBT) meliputi Tes Potensi Belajar (TPB) dan Tes Potensi Akademik (TPA).

“Kita menyediakan tiga laboratorium komputer, maka pelaksanaan SNPDB hanya butuh waktu sehari selesai,” ujar Shulfan.

Disebutkan, CBT dibagi dalam dua sesi yakni sesi pertama pukul 08.00-12.00 WIB dan sesi kedua berlangsung pukul 13.00-17.00 WIB.

“Alhamdulilah tahapan demi tahapan CBT berjalan lancar tanpa ada kendala. Seluruh peserta datang tepat waktu,” ujar Shulfan seraya menandaskan pengumuman lulus 7 Maret mendatang.

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020