Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh menyatakan pada 2020 ada tujuh "tenant" yang akan masuk berinvestasi di Kawasan Industri Aceh (KIA) Ladong Aceh Besar.

"Insya Allah dalam tahun ini ada tujuh tenant yang telah menyatakan komitmennya akan masuk di KIA Ladong yang nanti jumlahnya akan menjadi delapan di mana satu di antaranya yakni Trans Continent telah hadir di KIA Ladong," kata Plt Kepala Disperindag Aceh, Muslem Yakob di Banda Aceh, Minggu.

Ia menjelaskan tenant yang akan masuk KIA Ladong tersebut bergerak dalam sejumlah bidang usaha salah satunya adalah  furniture dan baja ringan.

"Sesuai dengan komitmen dan keinginan Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, kehadiran KIA Ladong ini merupakan salah satu upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah yang nantinya akan membuka lapangan kerja baru dan menurunkan angka kemiskinan," katanya.

Menurut dia dengan banyaknya tenant yang akan masuk ke kawasan industri Ladong tersebut geliat ekonomi akan tumbuh dan akan ikut berdampak terhadap harga jual terhadap sejumlah barang.

Ia mencontohkan saat hadirnya perusahaan baja ringan di kawaan KIA Ladong tersebut, masyarakat Aceh yang selama ini bergantung pada provinsi tetangga terhadap kebutuhan tersebut dapat langsung membeli di Aceh dengan harga yang lebih murah.

"Artinya, masyarakat akan mendapatkan harga murah dengan kualitas terbaik karena kehadiran KIA Ladong ini juga akan memangkas ongkos angkut terhadap sejumlah barang yang dijual di pasaran yang menjadi kebutuhan untuk kegiatan usaha dan juga industri," katanya.

Pihaknya optimistis dengan banyaknya tenant yang akan masuk ke kawasan tersebut untuk melaksanakan aktivitas usahanya, akan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memanfaatkan potensi ekonomi yang ada di kawasan setempat.

Pihaknya juga akan terus bersinergi dengan semua pemangku kepentingan guna mengoptimalkan kawasan KIA Ladong yang telah diinisiasi oleh Plt Gubernur Aceh sebagai salah satu sentra pertumbuhan ekonomi Aceh di masa mendatang.

Kawasan KIA Ladong yang terletak di Gampong Ladong, Kecamatan Masjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, memiliki luas lahan sekitar 66 hektare.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020