Trend naiknya harga jual perhiasan emas di Aceh sejak dua pekan terakhir terus mengalami lonjakan hingga mencapai Rp2,4 juta/mayam (3 gram).

Kondisi ini menyebabkan keresahan bagi kalangan pemuda khususnya kalangan millenial di Aceh yang belum menikah, sebab mahar merupakan faktor pendukung utama agar bisa meminang gadis idaman sebagai pendamping hidup.

Nah, bagaimana agar para bujangan yang belum menikah agar bisa memiliki emas untuk meminang gadis pujaan? berikut tips agar aman saat akan lamaran bagi pemuda di Aceh.

Menurut keterangan Rusli, seorang pedagang emas yang membuka usaha di ruas Jalan Swadaya, Meulaboh, Ibukota Kabupaten Aceh Barat, Minggu (1/3) menuturkan agar para bujangan bisa mengumpulkan mahar sebelum menikah yaitu:

Pertama, sebaiknya para bujangan melakukan trik yakni jika memiliki uang atau rezeki, dengan cara menabung emas dengan cara membeli emas per gram di toko mas dengan harga sekitar Rp700 ribu hingga Rp800 ribu per gram nya.

"Nah, jika sudah terkumpul banyak misalnya 10 atau 20 gram, kan bisa dijual ke toko mas dan ditukar dengan perhiasan emas seberat mas yang sudah dikumpulkan tadi," kata Rusli.

Kedua, yaitu dengan cara yakni apabila memiliki rezeki lebih, bisa membeli emas dengan berat sekitar 1/2 mayam di toko mas.

Lalu, disimpan dan setiap kali ada rezeki, langsung membeli mas untuk kebutuhan mahar saat akan menikah atau melamar gadis pujaan nantinya.

"Dari pada simpan uang di rekening, belum tentu aman karena pasti akan habis dengan sendirinya untuk keperluan sehari-hari," kata Rusli menambahkan.

Keuntungan lainnya, kata dia, dengan berinvestasi atau menyimpan emas dipastikan tidak akan rugi.

Sebab, emas yang merupakan logam mulia harganya tidak akan pernah turun secara drastis, dan bisa dijadikan sebagai modal investasi dan bisa dijual kapan pun apabila membutuhkan uang secara mendadak.

"Intinya banyak keuntungan yang akan didapat apabila berinvestasi atau menyimpan emas, jarang bisa rugi," kata Rusli menuturkan.

Nah, bagi para pemuda Aceh yang belum menikah, semoga tips tersebut bermanfaat ya bagi kalian yang belum menikah.

Atau bagi yang sudah menikah, tips ini layak dicoba sebagai ajang untuk investasi di hari tua. 

Semoga bermanfaat ya.

Penulis: Teuku Dedi Iskandar
Wartawan Perum LKBN ANTARA Biro Aceh di Meulaboh

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020