Korp Lalu Lintas (Korlantas) Polri mengajak polisi cilik di Provinsi Aceh menjadi duta lalu lintas untuk mengampanyekan keselamatan berlalu lintas di jalan raya.

"Kami mengajak polisi cilik menjadi agen perubahan dan pelopor keselamatan lalu lintas," kata Kepala Subdirektorat Dikmas Ditkamsel Korlantas Polri Kombes Pol Darto Juhartono di Banda Aceh, Kamis.

Pernyataan tersebut disampaikan Kombes Pol Darto Juhartono pada lomba polisi cilik tingkat Polda Aceh. 

Lomba polisi cilik tersebut diikuti tiga kelompok terbaik di lingkungan Polda Aceh, yakni Polres Aceh Tengah, Polres Aceh Besar, dan Polresta Banda Aceh.

Kombes Pol Darto Juhartono menyebutkan Korlantas Polri mencatat setiap tiga jam ada kecelakaan lalu lintas yang merengut korban jiwa di Indonesia.

Rata-rata korban kecelakaan lalu lintas pada usia produksi. Kecelakaan pada umumnya terjadi karena kesalahan manusia, tidak taat berlalu lintas serta mengabaikan keselamatan di jalan raya.

Menurut Kombes Pol Darto Juhartono, kehadiran polisi cilik tersebut diharapkan mampu menjadi juru kampanye tertib berlalu lintas dan mengedepankan keselamatan di jalan raya.

"Setidaknya, polisi cilik tersebut menjadi contoh keselamatan dan tertib berlalu lintas bagi masyarakat di lingkungan tempat tinggal mereka," kata Kombes Pol Darto Juhartono.

Kombes Pol Darto Juhartono mengatakan lomba polisi cilik merupakan upaya sosialisasi dan kampanye kepolisian terhadap keselamatan berlalu lintas sejak usia dini.

Selain dengan lomba, kami juga mendatangi sekolah-sekolah menyosialisakan tertib lalu lintas. Serta membentuk sekolah aman dan nyaman serta tertib lalu lintas. 

"Dengan sosialisasi tersebut, diharapkan akan lahir generasi tertib lalu lintas, sehingga mampu menekan angka kecelakaan lalu lintas bisa ditekan," kata Kombes Pol Darto Juhartono.

Senada juga diungkapkan Direktur Lalu Lintas Polda Aceh Kombes Pol Dicky Sondani. Ia mengatakan banyak generasi muda sekarang ini tidak taat berlalu lintas.

"Kami berharap polisi cilik ini menjadi contoh bagi masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dan ketertiban berlalu lintas. Paling tidak menjado teladan di lingkungan tempat tinggalnya," kata Kombes Pol Dicky Sondani.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020