Kabupaten Bener Meriah Provinsi Aceh ditunjuk sebagai tuan rumah Kejuaraan Nasional Paralayang Trif Of Indonesia (TROI) Seri 2 tahun 2020, 19-21 Juni.

Ketua Umum Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Kabupaten Bener Meriah Irmansyah di Redelong Kamis mengatakan penunjukkan tersebut berdasarkan keputusan Pengurus Besar FASI di Jakarta yang ditandatangani langsung Ketua Umum Marsekal TNI Yuyu Sutisna yang juga merupakan Kepala Staf TNI Angkatan Udara.

Baca juga: Puncak Merah Putih jadi pilihan venue paralayang PON 2024

Lokasinya akan dipusatkan di Puncak Merah Putih Bur Temun, Kampung Bale Redelong, Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah.

"Pada saat Rakernas Gantolle dan Paralayang di Surabaya 15 Desember 2019, kita berhasil meyakinkan pengurus PB FASI bahwa Bener Meriah termasuk Aceh Tengah sangat layak menjadi tempat kejuaran nasional ini," kata Irmansyah.

Baca juga: Danlanud SIM tantang Bupati Aceh Besar jajal paralayang

Menurutnya Kabupaten Bener Meriah memang memiliki kondisi alam dan topografi yang mendukung untuk olahraga paradigling.

Dia berharap dengan terpilihnya daerah ini sebagai tuan rumah dapat semakin mengenalkan segala potensi yang ada di daerah ke dunia luar.

Baca juga: Pemkab Aceh Tengah tertarik pengembangan wisata paralayang

Minimal kata Irmansyah mampu meningkatkan pemberdayaan sumber daya lokal baik atlet maupun pemandu wisata udara.

"Ini sebuah kesempatan yang sangat bagus tentunya. Kita bisa mempromosikan kopi gayo, memperkenalkan sejarah Radio Perjuangan Rimba Raya, seni budaya kita, dan wisata alam yang ada di Bener Meriah ini," tutur Irmansyah.

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020