Ratusan calon penumpang Kapal Motor Sabuk Nusantara yang akan bertolak ke Sinabang, Pulau Simeulue, Provinsi Aceh, Kamis (19/3) sore gagal berangkat dari Pelabuhan Jetty Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat akibat cuaca buruk.

Akibatnya, calon penumpang yang sudah menunggu keberangkatan sejak Kamis siang dipastikan gagal berlayar karena kapal yang sebelumnya sudah bersandar tidak jadi diberangkatkan.

“Pemberitahuan gagal berangkat ini kami peroleh pada Kamis sore jelang petang dari kapten kapal,” kata Kepala Bidang Perhubungan Laut, Dinas Perhubungan Kabupaten Aceh Barat, Suriadi, Kamis petang.

Menurut dia, gagalnya keberangkatan kapal berkapasitas 300 orang lebih penumpang tersebut karena cuaca di laut sedang kurang baik, sehingga apabila dipaksakan berlayar dikhawatirkan akan berdampak terhadap keselamatan calon penumpang.

Namun saat ditanyai apakah gagalnya kapal tersebut berangkat karena belum menebus minyak, Suriadi mengaku belum mengetahuinya.

Sebagai gantinya, KMP Sabuk Nusantara yang sudah melego jangkar di Pelabuhan Jetty Meulaboh, Aceh Barat, akan diberangkatkan ke Pulau Simeulue, Aceh pada Jumat (20/3) pagi, kata Suriadi.

Sementara itu, sejumlah calon penumpang yang sebelumnya sudah berkumpul sejak Kamis siang di Pelabuhan Jetty Meulaboh mengaku kecewa, karena mereka sudah menunggu lama namun akhirnya kapal gagal berangkat.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020