Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar memastikan cadangan bahan pangan di daerah itu khususnya beras cukup untuk tiga bulan ke depan.

Menurutnya ketersediaan tersebut masih memadai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah itu jika terjadi kondisi tersulit sekalipun dalam menghadapi penyebaran virus corona.

"Mudah-mudahan ketersediaan beras yang ada cukup memadai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Tadi kita juga mendengarkan dari pihak Bulog bahwa pihaknya menjamin cadangan pangan kita aman untuk tiga bulan kedepan," kata Shabela Abubakar saat melakukan inspeksi ke Gudang Bulog setempat, Sabtu.

Pada kesempatan itu Shabela menginstruksikan jajaran Bulog bersama dinas terkait agar punya kesiapan untuk menghadapi kemungkinan terjadinya lonjakan harga pasar atau kelangkaan bahan pokok di daerah itu.

"Bila terjadi kenaikan harga apalagi kelangkaan barang, kami instruksikan kepada Bulog dan Dinas Perdagangan untuk siap melakukan operasi pasar melalui penyelenggaraan pasar murah," tuturnya.

Sementara dalam inspeksi tersebut diketahui ketersediaan bahan pokok lainnya seperti gula, minyak goreng, dan tepung, masih mengalami kekosongan stok di Gudang Bulog setempat.

Namun pihak Bulog mengaku semua kebutuhan itu sudah dipesan dan akan segera datang dalam waktu dekat ini sehingga dipastikan cadangan pangan yang dibutuhkan tersebut cukup memadai untuk tiga bulan ke depan.


 

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020