Sebanyak tiga rumah toko (ruko) berlantai tiga di Jalan Surabaya, Kelurahan Proklamasi, Kecamatan Siantar Barat, Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, Rabu dinihari terbakar.

Api menghanguskan bangunan dan isi dari ruko yang membuka usaha bahan pokok dan perlengkapan sembahyang Buddha, praktik dokter dan distributor Harian Analisa dengan total perkiraan kerugian materi Rp 1 miliar.

Baca juga: Ibu rumah tangga ditemukan tewas gantung diri

Kapolsek Siantar Barat Iptu Esron Siahaan mengatakan, api berawal dari ruko Kho Siang Lang (60), yang tewas dalam peristiwa itu.

Jenazah korban dibawa ke RSUD dr Djasamen Saragih untuk divisum guna kepentingan penyelidikan.

Saksi Jevon (25), warga Jalan dr Wahidin Pematangsiantar menerangkan, dihubungi Anthony Candra Wijaya (25) anak dari Kho Siang Lang untuk membantu memadamkan api.

Saksi melihat api membakar ruang tengah lantai bawah, tepatnya di belakang tempat sembahyang dan mengajak Anthony ke luar.

Namun orang tua perempuan Anthony, Kho Siang Lang malah nekat masuk ke dalam ruko dan tidak terlihat ke luar.

Sementara, delapan unit pemadam kebakaran milik Pemerintah Kota dan PT STTC memadamkan api dan penyemprotan pendinginan sampai pukul 09.00 WIB.

Untuk menjangkau lantai atas, petugas pemadam kebakaran menggunakan mobil Dinas Tarukim yang memiliki tangga berpenggerak mesin.

Pewarta: Juraidi dan waristo

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020