Bupati Aceh Barat H Ramli MS menyarankan masyarakatnya untuk sementara waktu agar meniadakan jabat tangan saat bertemu siapa pun untuk mencegah sebaran pandemi virus corona (COVID-19).

“Untuk saat ini sebaiknya budaya berjabat tangan ditiadakan sementara waktu, untuk menghindari terjangkitnya COVID-19,” kata Bupati Ramli MS di Meulaboh, Ahad (4/5).

Menurutnya, berdasarkan protokol kesehatan yang dikeluarkan oleh lembaga kesehatan dunia (WHO) dan protokol kesehatan yang diterbitkan pemerintah, salah satu
penyebaran virus mematikan tersebut dapat terjadi saat bersalaman.

Tidak hanya itu, ia juga menyarankan masyarakat agar selalu menjaga jarak saat bertemu rekan kerja, relasi, atau saat berada di tempat kerja sehingga diharapkan
paparan virus dapat terhindarkan.

Bahkan, masyarakat juga diminta agar menjauhi kerumunan dan senantiasa menjaga kesehatan dengan sering mencuci tangan dengan sabun, dan tetap menjaga wudhu dan ibadah shalat lima waktu secara tepat waktu.

“Yang paling penting mulai saat ini kita semua wajib membudayakan pola hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari,” katanya menegaskan.

Ia juga mengakui tidak menginginkan seorang pun warga Aceh Barat yang terpapar virus corona.

Untuk itu, ia meminta kepada Tim Gugus Tugas Penanggulangan COVID-19 Aceh Barat agar meningkatkan sosialisasi kesehatan kepada masyarakat termasuk di setiap desa, sehingga masyarakat dapat mengetahui dampak serangan virus dan mengetahui cara pencegahan paparan penyakit.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020