Sebanyak tiga unit rumah milik masyarakat Desa Alue Rambot, Kecamatan Jumpa, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) hangus dilalap sijago merah, Senin siang.

“Dari tiga unit yang terbakar itu, satu unit diantaranya rata dengan tanah,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya, Amiruddin saat dihubungi wartawan di Blangpidie.  

Adapun tiga unit rumah warga Desa Alue Rambot yang terbakar tersebut masing-masing rumah milik Nurmala, rumah milik Mukhtar dan rumah milik Nursiman.  Ke tiga rumah tersebut berdiri berdekatan di pingir jalan nasional.

Baca juga: 12 rumah ludes terbakar di Langsa

Tidak ada laporan korban jiwa dalam peristiwa nahas itu, namun semua harta benda milik korban seperti pakaian, tempat tidur dan perabotan yang ada dalam rumah mereka hangus terbakar termasuk satu unit sepeda motor.

Belum diketahui sumber api yang membakar empat rumah warga Desa Alue Rambot itu terbakar, namun petugas kepolisian setempat sudah memasang police line melingkari tempat kejadian perkara untuk proses penyelidikan.

Baca juga: Rumah milik karyawan SPBU Pante Pirak Abdya terbakar

“Api sangat besar dan berhasil dipadamkan oleh petugas sekitar satu jam kemudian setelah lima unit mobil pemadam (Damkar) milik Pemerintah daerah diturunkan ke lokasi kebakaran,” kata Amiruddin.

Adapun lima unit mobil pemadam yang diturunkan untuk memadamkan api tersebut terdiri satu unit dari Pos Kuala Batee, satu unit dari Pos Manggeng, dan tiga unit lagi dari pos induk di Kota Blangpidie (Ibukota Abdya).

“Kita prediksikan kerugian warga mencapai ratusan juta rupiah karena ke tiga rumah warga yang letaknya berdekatan di pingir jalan nasional ikut terbakar, apalagi satu unit diantaranya rata dengan tanah,” katanya.

Pewarta: Suprian

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020