Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam menyumbang sejumlah Alat Pelindung Diri (APD) untuk tim medis, yang bertugas di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainoel Abidin dan RSUD Meuraxa. 

“Bantuan ini adalah bentuk dukungan Unsyiah kepada tenaga medis agar mereka bisa bekerja maksimal dalam memberikan pelayanan di rumah sakit,” kata Wakil Ketua Satgas COVID-19 Unsyiah, Dr Safrizal Rahman di Banda Aceh, Rabu.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela memberikan bantuan kepada perwakilan rumah sakit tersebut di Sekretariat Satgas COVID-19 Unsyiah di Banda Aceh.

Ia menjelaskan bantuan tersebut berasal dari Fakultas Kedokteran Gigi untuk tim medis di RSUZA dan RSU Meuraxa dan dari Satgas COVID-19 Unsyiah untuk peserta didik PPDS yang bertugas di ruang ICU rumah sakit tersebut.

Adapun bantuan dari FKG untuk RSUDZA terdiri dari sepatu boot 35 buah, surgical gown 30 buah, hazmat spun bund 20 buah, hazmat mikro 25 buah, head cap 15 buah, masker 11 box, handskun 11 box, safety google 15 buah dan shoe cover 500 buah.

Selanjutnya untuk RSUD Meuraxa terdiri dari sepatu boot 15 buah, surgical gown 15 buah, hazmat spun bund 10 buah, hazmat mikro 15 buah, head cap 5 box, masker 5 box, handskun 8 box, safety google 15 buah dan shoe cover 500 buah. Sementara bantuan Satgas Covid-19 Unsyiah, terdiri dari 1000 hazmat dan 100 face shield.

Bantuan dari FKG diserahkan oleh Dekan FKG Unsyiah Dr. drg. Cut Soraya kepada Wakil Direktur Pelayanan RSUD Meuraxa dr. Ichsan dan RSUDZA diwakili Dr Herlina Dimiati dan dari Satgas COVID-19 Unsyiah diberikan oleh Dekan Fakultas Kedokteran Unsyiah Prof Maimun Syukri.

Sebelumnya, FKG Unsyiah juga telah menyumbangkan baju operasi dan bantuan susu untuk tim medis yang bertugas di seluruh ruangan RSUDZA.

Kepala LPPM Unsyiah Prof Taufik Fuadi Abidin mengatakan bantuan tersebut merupakan wujud komitmen Unsyiah untuk terus berkontribusi, mendukung pemerintah agar bisa segera melewati masa-masa sulit karena wabah ini.

“Sekecil apapun bantuan ini tentu sangat berarti bagi mereka, sehingga Unsyiah akan berupaya untuk terus terlibat aktif membantu, Karena kita percaya, kebersamaan seperti inilah yang membuat kita lebih siap dan kuat,” katanya.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020