Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menyatakan empat orang yang sebelumnya positif COVID-19 kini telah dinyatakan sembuh.

"Sejak pertama dirilis hingga saat ini, ada delapan pasien positif dan empat orang di antaranya telah dinyatakan sembuh," kata perwakilan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Purwakarta Deni Darmawan, dalam keterangan tertulis yang diterima di Purwakarta, Kamis.

Baca juga: Satu lagi pasien sembuh, kini Aceh nol positif COVID-19

Ia menyampaikan saat ini terjadi penurunan jumlah warga yang terpapar COVID-19, baik yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) maupun yang positif.

Untuk jumlah ODP di Purwakarta kini mencapai 153 orang atau berkurang dibandingkan sehari sebelumnya yang jumlahnya 162 orang.

Baca juga: Pasien COVID-19 beberkan awal sakit hingga berhasil sembuh

Kemudian PDP kini berjumlah 20 orang, menurun dibandingkan sehari sebelumnya yang jumlahnya mencapai 25 orang. Sedangkan untuk yang terkonfirmasi positif dan masih dalam perawatan kini tersisa empat orang.

Deni mengajak agar masyarakat tetap optimistis dalam menghadapi wabah yang menjadi pandemi global ini.

Baca juga: Meski pasien COVID-19 sembuh, masyarakat diminta tetap waspada

Sejumlah langkah antisipasi terus dilakukan jajaran Pemerintah Kabupaten Purwakarta melalui Gugus Tugas COVID-19. Di antaranya, Dinas Kesehatan tetap melakukan tes cepat rapid test dan tracing (pelacakan) bagi yang kontak erat dengan pasien dalam pengawasan.

Selain itu, pada sisi pencegahan yang bersifat kewilayahan, telah dilakukan penertiban pada ruas sejumlah jalan di wilayah perkotaan.

"Kami juga mengimbau agar warga tetap melaksanakan anjuran pemerintah yaitu physical dan social distancing, dan lain-lain," katanya.*

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020