Wakil Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Muslizar membagikan ratusan buah semangka ke masyarakat Desa Ie Lhob, Kecamatan Tangan-Tangan untuk bekal berbuka puasa dibulan suci ramadhan, Sabtu

Adapun ratusan buah semangka yang diborong dari pedagang keliling lalu diberikan secara gratis kepada masyarakat desa dilakukan usai wakil kepala daerah itu meninjau rumah warga terdampak banjir, Kamis (30/4) malam.

Pada malam itu intensitas curah hujan sangat tinggi. Air sungai Ie Lhob penuh dan meluap hingga mengakibatkan beberapa rumah warga ditepi sungai tersebut terendam banjir dengan ketingian air mencapai selutut orang dewasa.  

Menurut keterangan masyarakat desa setempat, banjir sering melanda rumah warga desa itu karena pengaman tebing sungai rendah, sehingga ketika hujan menguyur air sungai penuh dan meluap ke rumah-rumah masyarakat.  

“Untuk mengantisipasinya, kita minta Kepala Desa Ie Lhob secepatnya mengajukan permohonan agar pembangunan tebing sungai didepan rumah warga itu untuk sementara ditangani secara tanggap darurat,” kata Wabup

Wabup Muslizar tidak sendiri saat meninjau rumah warga yang terdampak banjir tersebut. Tetapi Wakil Kepala Daerah Abdya itu ditemani oleh kepala desa dan sejumlah warga termasuk aparatur pemerintahan desa setempat.    
 
Wabup Muslizar(topi coboy) menyerahkan buah semangka kepada masyarakat Desa Ie Lhob, Kecamatan Tangan-Tangan, Aceh Barat Daya, Sabtu (2/5/2020) (ANTARA/ Suprian)

Usai melakukan peninjauan, rombongan wabup dan aparatur desa tersebut istirahat sejenak diteras rumah milik warga. Mereka istirahat karena sudah kelelahan melalukan peninjauan ditambah lagi sedang dalam berpuasa.

Saat istirahat dan berbincang-bincang dengan warga, orang nomor dua di kabupaten Abdya itu tiba-tiba mendekati mobil pick Up bermuatan buah semangka yang telah lama terparkir dijalan desa itu.

Setelah berbincang dengan pemilik buah itu, lalu wabup Muslizar memanggil aparatur desa tadi untuk mengambil semua buah semangka dalam mobil pick up tersebut untuk dibagikan kepada masyarakat sekitar secara gratis.

Tidak diketahui berapa banyaknya, namun semua buah semangka dalam pick up tersebut habis dibagikan ke semua masyarakat yang bermukim di Dusun Mata Ie Desa Ie Lhob termasuk kepada pengendara yang milintas.  

“Boeh timon tewan nyoe gratis keu kamoe. Trimonggeunaseh that pak wabup beuh,” ucap para ibu-ibu rumah tangga dalam bahasa Aceh yang artinya” Buah semangka ini gratis untuk kami, terimakasih banyak pak wabup ya ?

 
 

Pewarta: Suprian

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020