Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman menyerahkan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) secara simbolis kepada 74 gampong (desa) dari total 90 desa dengan meminta keuchik (kepala desa) untuk mengawal dana tersebut agar tepat sasaran.

"Dari 90 gampong, baru 74 gampong yang selesai pendataan. Selebihnya masih dalam proses dan kita harapkan penyaluran dana ini siap sebelum lebaran," kata Aminullah di pendopo wali kota Banda Aceh, Rabu.

Ia mengungkapkan, besaran dana BLT Banda Aceh yang berikan pusat sebanyak Rp11,66 miliar lebih bagi 90 gampong yang terletak sembilan wilayah kecamatan di daerah berjuluk "Kota Serambi Mekkah".

Namun dalam penyalurannya, ucap Aminullah, pihaknya meminta dinas terkait bersama para camat dan keuchik agar mengawal dalam pelaksanaan, sehingga tepat sasaran pada penerima yang membutuhkan di tengah masa pandemi COVID-19 ini.

"Dengan dana itu, kita harapkan bisa tersalur sepenuhnya kepada penerima di Kota Banda Aceh. Tidak ada yang tertinggal dalam pembayaran. Yang belum tahu, diberi tahu. Kita harap bermanfaat bagi warga Banda Aceh," kata Aminullah.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Kota Banda Aceh, Dwi Putrasyah, menyebut, pihaknya telah menginstruksikan kepada seluruh kepala desa beserta tim relawan di gampong untuk melakukan pendataan penerima.

"Hari ini perdana yang dilakukan oleh bapak wali kota, kita menyerahkan secara simbolis BLT kepada 18 gampong. 11 gampong di  pendopo langsung oleh pak wali, dan 7 gampong lagi kami lakukan secara mandiri di tempat masing-masing," katanya.

Adi Pratama, salah-seorang penerima dana asal Gampong Geuce Kayee Jatoe mengungkapkan syukurnya atas bantuan tersebut. Ia pun menyampaikan terima kasih kepada wali kota Banda Aceh.

"Alhamdulillah, kami sangat terharu atas bantuan ini. Terima kasih kepada bapak wali yang telah mempercepat prosesnya sampai ke kami. Dana ini pasti kami manfaatkan sebaik mungkin untuk kebutuhan sehari-hari," ucapnya.

Pewarta: Muhammad Said

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020