Hasil swab yang dikeluarkan Balitbangkes Provinsi Aceh terhadap almarhum Ad (57), warga Kecamatan Lapang, Aceh Utara ternyata negatif COVID-19, sebelumnya almarhum terindikasi positif corona berdasarkan hasil rapid test saat masih dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cut Mutia di Buket Rata, Lhokseumawe.

Kepala TU / Bagian Humas RSUD Cut Mutia Jalaluddin, SKM. M.Kes pada Minggu malam membenarkan hasil swab almarhum Ad (57) negatif corona.

"Hasilnya negatif, tadi sore keluar hasil swabnya," jelas Jalaluddin.

Dijelaskan alamrhum Ad masuk RSUDCM pada 27 Mei 2020 dengan riwayat penyakit cirosis hepatitis, kemudian saat pasien mau dirujuk ke RSUD dr. Zainoel Abidin Kota Banda Aceh terlebih dulu pasien harus mengikuti rapid test sesuai SOP.

"Hasilnya positif dan lansung dirawat di ruang isolasi RSUCM, kemudian diambil swab untuk dikirim ke Litbangkes Banda Aceh," kata Jalaluddin menerangkan.

Sebelum keluar hasil swabnya sore tadi, korban mengembuskan napas terakhir pada Minggu (32/5) pagi.

Karena saat itu belum keluar hasil, maka penanganan jenazah almarhum oleh pihak RSUDCM dilakukan sesuai protokol kesehatan COVID-19 yakni dilakukan fardhu kifayah, kemudian diserahkan ke tim Gugus Tugas Aceh Utara untuk dibawa pulang guna dikebumikan sesuai SOP.

Proses pemulangan jenazah turut dikawal pihak kepolisian.

 

Pewarta: Zubir

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020