Kodim 0105 Aceh Barat melakukan pembangunan jamban bagi masyarakat kurang mampu di Desa Pulo Teungoh, Kecamatan Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat.

“Program bantuan jamban tersebut diberikan sebagai bentuk kepedulian TNI terhadap warga kurang mampu,” kata Dandim 0105 Aceh Barat Letkol Kav Nurul Diyanto, Rabu di Meulaboh.

Ia mengatakan, pembuatan jamban tersebut merupakan kegiatan yang berkesinambungan dan berdasarkan relawan Aceh Barat, yang menginformasikan ada warga yang membutuhkan jamban.

Setelah dilakukan verifikasi oleh anggota TNI dari Koramil 05 Pante Ceureumen, Aceh Barat, dan dinyatakan layak mendapatkan bantuan, sehingga pihaknya memberikan bantuan.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk membina agar masyarakat sadar pentingnya kesehatan, serta pemeliharaan tempat tinggal agar senantiasa bersih sehingga nyaman untuk ditempati,” kata dandim menambahkan.

Selain kegiatan fisik berupa pembuatan jamban di rumah warga, kegiatan ini, menurut dandim, juga sebagai sarana untuk berkomunikasi lebih dekat dengan masyarakat.

Kegiatan ini juga merupakan bentuk wujud kepedulian TNI dalam melaksanakan tugas di lapangan untuk membantu masyarakat. "Kami bersinergi dengan dengan relawan dalam membantu warga yang tidak mampu," pungkasnya.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020