Anggota Komisi 3 DPR RI Nazaruddin Dek Gam menyatakan kondisi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Calang, Aceh Jaya, memprihatinkan dan membutuhkan perhatian agar lebih baik lagi.

"Setelah kami mengunjungi Lapas Calang, banyak persoalan di penjara tersebut. Kondisinya memprihatinkan," kata Nazaruddin Dek Gam di Banda Aceh, Selasa.

Anggota DPR RI dari Fraksi PAN itu mengatakan permasalahan di Lapas Calang mulai dari bangunan kantor dan fasilitas di dalam lapas seperti pagar kurang aman.

Sementara kondisi dalam tahanan, kata Nazaruddin Dek Gam, sudah memadai. Hasil diskusi dengan beberapa warga binaan menyebutkan beberapa bagian butuh perbaikan agar semakin baik lagi.

"Kami meminta Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Aceh memberikan perhatian khusus untuk Lapas Calang. Persoalan Lapas Calang ini akan kami sampaikan kepada Menteri dalam rapat kerja nanti," kata Nazaruddin Dek Gam.

Selain Lapas Calang, Nazaruddin Dek Gam menyebutkan diri juga menerima persoalan di Lapas Kelas IIB Meulaboh, Aceh Barat. Laporan yang disampaikan terkait air bersih.

"Kalau di Lapas Meulaboh persoalannya hanya air bersih, sedangkan lainnya sudah baik. Saya juga sudah meminta kepala lapas membuat laporan agar dicarikan solusi," kata Nazaruddin Dek Gam.

Presiden Persiraja, klub sepak bola peserta Liga 1 Indonesia tersebut, menyebutkan kunjungannya ke Lapas Calang dan Lapas Meulaboh dalam rangka reses mengunjungi mitra kerja di daerah pemilihan.

"Satu-satu saya kunjungi. Ke depan, mitra kerja di seluruh kabupaten dan kota yang masuk daerah pemilihan akan saya kunjungi. Walau tidak saya kunjungi, tetapi laporan dari daerah selalu saya terima," kata Nazaruddin Dek Gam.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020