Plh Bupati Bener Meriah Haili Yoga mengatakan bahwa terkait penetapan daerah itu sebagai zona merah lalu berubah menjadi zona kuning COVID-19 oleh pemerintah pusat agar tidak terlalu dipikirkan.

Menurutnya yang diperlukan saat ini adalah terus meningkatkan kewaspadaan dan deteksi dini di tengah pandemi serta mempersiapkan diri memasuki fase New Normal.

"Sekarang ini bagaimana kesiapan kita dalam menyambut atau memasuki New Normal. Sementara terkait dengan zona itu jangan terlalu dipikirkan, namun kewaspadaan dan deteksi dini ini harus terus ditingkatkan," kata Haili Yoga saat memimpin rapat evaluasi penanganan COVID-19 di Aula Setdakab setempat, Kamis.

Haili Yoga mengatakan masyarakat juga perlu memahami bahwa kewenangan dalam penetapan zonasi suatu daerah adalah hak pemerintah pusat.

"Dimana untuk menentukan warna zonasi suatu kabupaten kota, pemerintah menggunakan beberapa indikator, dan masing-masing indikator akan dihitung menggunakan skor penilaian tersendiri," tuturnya.

Hingga saat ini kata Haili Yoga upaya penanganan COVID-19 secara keseluruhan di Kabupaten Bener Meriah sudah berjalan dengan baik.

Karena itu ia berharap kepada seluruh jajarannya agar juga bisa mempertanggungjawabkan kinerja masing-masing melalui data-data yang akurat.

"Secara keseluruhan terkait dengan pelaksanaan Percepatan Penanganan COVID-19 di Kabupaten Bener Meriah ini sudah cukup baik dan bagus, tetapi ketika diminta data dan pertanggungjawaban, ini harus dipersiapkan dengan baik dan lengkap," ujarnya.

Sementara terkait dengan persiapan daerah ini menuju fase New Normal Haili Yoga dalam kesempan tersebut juga menginstruksikan jajarannya agar segera  menyusun dan mempersiapkan data serta dokumen anggaran sesuai pengunaannya di bidang masing-masing.

Dia juga berharap agar dalam rentang waktu menuju penerapan New Normal sebagai babak baru penanganan COVID-19 di daerah itu semua pihak terkait juga dapat rutin memberikan sosialisasi kepada masyarakat.

"Untuk menuju New Normal kita harus terus mengadakan sosialisasi dan persiapan yang diperlukan terkait tahapan itu. Sudah tentu dengan adanya sosialisasi dan persiapan ini, maka nantinya diharapkan tidak akan mengalami kesulitan ketika sudah menerapkan New Normal ini," tutur Haili Yoga.


 

Pewarta: Kurnia Muhadi

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020