Sebanyak 152 gampong  (desa) di Aceh Barat Daya (Abdya) mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai atau BLT yang bersumber dari dana desa tahap dua.

Sekretaris Daerah Kabupaten (Setdakab) Abdya, Thamrin di Blangpidie, Jumat, menjelaskan proses pencairan BLT sumber dana desa tahap kedua untuk warga terdampak pandemi coronavirus mulai disalurkan sejak tiga hari lalu.

“Penyaluran BLT-DD untuk warga terdampak COVID-19 dilakukan tergantung kesiapan gampong masing-masing karena tagihan yang diajukan tidak sama. Ada yang sudah disalurkan. Ada juga sedang proses penyaluran,” katanya  

Di Gampong Ie Lhob, Kecamatan Tangan-Tangan, puluhan warga terutama ibu-ibu rumah, sejak pagi tadi berbondong-bondong datang ke kantor Keuchik gampong setempat guna mengambil BLT-DD.

Proses penyaluran BLT-DD tahap II tersebut dilakukan secara simbolis oleh Keuchik Gampong Ie Lhob, Mawardi kepada salah satu masyarakat lalu dilanjutkan dengan penyerahan uang tunai ke penerima mamfaat lainnya.

Seluruh aparatur Gampong Ie Lhob, tokoh masyarakat bersama Bhabinkamtibmas dari Polsek dan Babhinsa dari Koramil 05/Tangan-Tangan ikut hadir menyaksikan penyerahan BLT-DD tahap kedua tersebut.  

“Ada sekitar 96 kepala keluarga yang nerima BLT-DD di gampong saya. Sisanya BLT Dinsos 92 KK dan tujuh KK lainnya penerima sembako tunai,” kata Keuchik Gampong, Ie Lhob, Kecamatan Tangan-Tangan, Mawardi.

Menurut dia, BLT-DD tahap dua II yang disalurkan kepada masyarakat terdampak COVID-19 di gampongnya jumlahnya sama dengan yang diserahkan pada tahap pertama bulan lalu, yakni sebesar Rp 600 ribu/kepala keluarga.  

“BLT-DD tahap dua yang tengah kami salurkan ini jumlahnya Rp600 ribu/ KK. Sama dengan tahap pertama dulu. Sedangkan bagi warga penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tidak kami berikan lagi, bertentangan dengan aturan,” jelasnya
 

Pewarta: Suprian

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020