Personel Polresta Banda Aceh bersama petugas dari Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh makamkan jenazah pasien COVID-19 di pemakaman umum rumah sakit milik Pemerintah Aceh tersebut.

Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Trisno Riyanto di Banda Aceh, Kamis, mengatakan pasien COVID-19 dimakamkan pada Rabu (17/6) sekira pukul 16.00 WIB.

Baca juga: Ini data pasien positif COVID-19 yang telah sembuh di Aceh

"Pasien COVID-19 meninggal dunia berinisial SU (63), merupakan warga Sumatera Utara yang baru tiba di Banda Aceh dalam rangka kunjungan keluarga," kata Kombes Pol Trisno Riyanto.

SU, warga Binjai, Sumatera Utara, sebelumnya dirawat di RS Pertamedika Banda Aceh. Pasien dirujuk ke RSUDZA pada Rabu (17/6) malam.

Baca juga: Berikut jumlah pasien positif COVID-19 yang sembuh di Aceh

Kapolresta mengatakan pasien sebelumnya melakukan perjalanan dari Binjai menuju Aceh Besar, mengantar cucu yang sudah sebulan bersamanya pada Jumat (12/6). 

"Saat tiba di Aceh Besar, pasien masih aktif bersama keluarganya, namun beberapa hari kemudian pasien mengeluh sakit," sebut Kapolresta Kombes Pol Trisno Riyanto.

Baca juga: Sepuluh pasien positif COVID-19 di Kaltara dinyatakan sembuh

Kemudian, pasien dirawat di RS Pertamedika. Pasien terlihat lemah dan dirujuk ke RSUZA serta dirawat di RICU untuk penanganan medis, Selasa, (16/6) 22.00 WIB. 

Kombes Pol Trisno Riyanto mengatakan setelah mendapatkan informasi pasien COVID-19 meninggal dunia, Kepala Satuan Intelkam Polresta Banda Aceh Kompol Hyrowo langsung berkoordinasi dengan pihak rumah sakit.

"Koordinasi guna memberi dukungan dan pengamanan kepada RSUDZA untuk penguburan pasien dengan menerapkan protokol pemakaman jenazah Covid 19," kata Kombes Pol Trisno Riyanto.

Pada saat pemakaman, kata Kombes Pol Trisno Riyanto, dua personel Polresta Banda Aceh menggunakan pakaian alat pelindung diri ikut terlibat menggali kubur dan memakamkan pasien COVID-19.

"Pemakaman jenazah COVID- 19 turut disaksikan keluarga almarhum. Pemakaman tidak dihadiri oleh Tim Gugus Tugas Provinsi Aceh, Tim Gugus Tugas Kota Banda Aceh maupun Tim Gugus Tugas Aceh Besar," pungkas Kombes Pol Kombes Pol Trisno Riyanto.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020