Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar mengharapkan program Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana (BANGGA KENCANA) dapat terus ditingkatkan dengan memperkuat peran Penyuluh KB di desa-desa.

Menurutnya peran Penyuluh KB di tingkat desa merupakan garda terdepan dalam mengedukasi masyarakat khususnya bagi pasangan usia subur (PUS) agar menggunakan alat kontrasepsi yang efektif, rasional, dan ideal, sesuai dengan kebutuhan untuk menjaga dan mengatur jarak kelahiran.

"Sehingga tercapai kualitas hidup keluarga yang bahagia. Kita semua harus dapat mengambil peran dalam mewujudkan masyarakat yang berkualitas. Dalam hal ini para Penyuluh KB tentu saja harus yang paling aktif untuk menyampaikan program-program KB kepada masyarakat," kata Shabela Abubakar, Kamis.

Dalam hal ini tutur Shabela Pemkab setempat berupaya memperkuat peran para Penyuluh KB tingkat desa dengan menggelar kegiatan pembinaan kepada 80 Penyuluh KB.

Shabela menyampaikan bahwa dalam rangka peningkatan kualitas penduduk dan penekanan angka kelahiran yang terkendali memang harus dilakukan dengan terus memperkuat kualitas SDM para Penyuluh KB.

"Jadi para Penyuluh KB Kampung harus mampu memberikan wawasan terkait program keluarga berencana, sehingga tercipta kesadaran masyarakat untuk mewujudkan keluarga yang sehat dan berkualitas," tutur Shabela Abubakar.

 

Pewarta: Kurnia Muhadi

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020