Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman menyatakan dukungan terhadap pelaksanaan Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2020 yang diselenggarakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena pandemi COVID-19 seluruh dunia.

"Nanti akan saya kirim video, sebagai dukungan kita terhadap acara ini. Tolong sampaikan salam, dan dukungan kami kepada Pak Heru," ujar Aminullah ketika menerima audiensi rombongan Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Banda Aceh di pendopo wali kota Banda Aceh, Selasa.

Dalam pertemuan tersebut, wali kota turut didampingi Kepala Kesbangpol Kota Banda Aceh Samsuar, Kepala Satpol PP/WH Hidayat dan Kabag Humas Setdako Irwan. Sementara pihak BNNK langsung dipimpin Kepala BNNK Banda Aceh Hasnanda Putra dan jajarannya.

Usai mendengar laporan dari Hasnanda Putra terkait persiapan yang dilakukan menjelang pelaksanaan HANI ini, Wali Kota Aminullah menyatakan dirinya dan jajaran pemerintah kota (pemkot) siap mendukung.

Wali kota menegaskan, pemkot setempat selalu mendukung program-program pemberantasan Narkoba. Bahkan, lanjut dia, BNN pusat pernah mengeluarkan rilis yang menyebut Banda Aceh menjadi satu kota di Indonesia yang sangat sedikit peredaran narkoba.

Ia berharap pelaksanaan HANI tahun 2020 berjalan sukses, meski digelar secara virtual akibat virus corona jenis baru.

"Agar tersosilisasi dengan baik, pemkot akan mendukung dalam bentuk publikasi lewat berbagai media, seperti baliho-baliho di dalam kota. Kita ingin HANI tetap meriah, meski diperingati di tengah pandemi COVID-19. Tujuannya agar sosialisasi pemberantasan narkoba tersampaikan secara luas ke masyarakat," kata Aminullah.

Kepala BNNK Banda Aceh, Hasnanda Putra, melaporkan, bahwa persiapan telah dilakukan oleh pihaknya jelang pelaksanaan HANI 2020 yang akan di peringati secara virtual.

Ia mengatakan, peringatan HANI tahun 2020 jatuh pada hari Jumat (26/6). "Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual, dan disiarkan secara langsung oleh media elektronik dan melalui 'live streaming' media sosial yang dimiliki oleh BNN dan media sosial lainnya," tegas dia.

Ia melanjutkan, puncak HANI akan diikuti langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dari Istana Negara pada pukul 09.00 Wib.

Sementara di Aceh, kata dia, Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Aceh Nova Iriansyah bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) provinsi, Wali Kota Aminullah, dan Ketua DPRK Banda Aceh Farid Nyak Umar akan mengikuti kegiatan ini dari pendopo gubernur Aceh.

"Peringatan HANI tahun ini juga dirangkaikan dengan kegiatan penggalangan dana lewat konser Grup Band Slank. Dana terkumpul dari kegiatan ini akan didonasikan penanganan dampak COVID-19," ucap Hasnanda.
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020