Pemerintah Kabupaten Bener Meriah kembali menggelar MusabaqahTilawatil Qur’an (MTQ) ke-VIII tingkat kabupaten setempat.

Pelaksanaan MTQ ini secara resmi dibuka oleh Bupati Bener Meriah Tgk Sarkawi di halaman Masjid Nur Nabawi Redelong, Senin.

"MTQ tidak semata-mata hanya untuk perlombaan, tapi bagaimana kita membumikan Al-Qur’an, memahami Al-Qur’an itu dalam keseharian kehidupan kita," kata Sarkawi dalam sambutannya.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat guna pencegahan penyebaran virus COVID-19.

Setiap orang diharuskan mencuci tangan terlebih dahulu di tempat yang telah disediakan sebelum memasuki arena MTQ. Pengecekan suhu tubuh juga dilakukan dan setiap orang diwajibkan memakai masker.

Ketua Umum Panitia Penyelenggara MTQ ke-VIII Kabupaten Bener Meriah Taslim dalam laporannya menyampaikan kegiatan tersebut diikuti oleh sebanyak 287 peserta putra dan putri.

"Ada tujuh cabang yang diperlombakan yaitu Tilawah, Tahfiz Qur’an, Sharhil Qur’an, Fahmil Qur’an, Tafsir Qur’an,  MMQ, dan Khatil Qur’an," sebut Taslim.

Dia menuturkan peserta yang masuk tiga besar dari setiap cabang perlombaan nantinya akan diprioritaskan untuk mewakili Kabupaten Bener Meriah di ajang MTQ tingkat Provinsi Aceh.

"Yang terbaik atau juara satu masing-masing cabang, belum tentu itu yang kita kirim ke tingkat provinsi. Kita akan mengambil tiga besar, kemudian kita bina sampai ke titik kita menghadapi MTQ tingkat provinsi," ujarnya 

 

Pewarta: Kurnia Muhadi

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020