Banda Aceh, 20/8 (Antaraaceh) - Barisan Penindaklanjut Pilpres Aceh (BPPA) menyatakan mendukung Nezar Patria, M.Sc sebagai salah seorang yang paling layak untuk mengisi jabatan menteri dalam Kabinet Jokowi-JK 2014-2019, karena yang bersangkutan merupakan putra terbaik Aceh saat ini.
"Kami memberikan penghargaan dan nilai lebih kepada Presiden RI terpilih dalam caranya mengundang partisipasi masyarakat untuk terlibat dalam seleksi calon meteri," kata juru bicara BPPA  Reza Idria, MA di Banda Aceh, Rabu.
Dukungan BPPA kepada Nezar menurut Reza, karena rekam jejaknya, yang merupakan sosok yang bersih, dapat dipercaya dan jujur.
"Hemat kami, ini merupakan syarat mutlak yang wajib dipenuhi oleh setiap calon menteri dalam Kabinet Jokowi-JK 2014-2019. Kami memandang kualifikasi tersebut ada pada sosok Nezar Patria," ujarnya.
Presiden terpilih Jokowi menyatakan akan mencari orang-orang profesional untuk mengisi kabinetnya. "Pada sosok Nezar Patria kami melihat perpaduan hampir tanpa cela antara profesionalisme dan kepemimpinan," tuturnya.
Dikatakan, Nezar merupakan seorang yang profesional di bidangnya - jurnalistik.  Hal ini dibuktikannya dengan karya-karya jurnalistik yang berpihak bukan hanya pada kepentingan membela kebebasan pers di Indonesia tapi juga kemanusiaan.
Selama 15 tahun terakhir Nezar telah menunjukkan kepemimpinan yang patut diteladani di setiap organisasi-organisasi pers besar dan berpengaruh di Tanah Air.
Di sisi lain Nezar telah memberikan kesetian tanpa batas untuk hak azasi manusia (HAM) dan demokrasi serta dikenal sebagai salah seorang pembela yang paling gigih, kata Reza.
Selain itu, lanjut dia, Nezar Patria adalah salah seorang tokoh nasional yang bukan hanya punya peran dan pengaruh di Indonesia, tapi reputasinya telah diakui luas dalam pergaulan dan komunitas pers internasional.
Kenapa Aceh harus diwakili Nezar, Reza berpendapat, dalam rentang 20 tahun terakhir, ia dianggap sebagai salah satu putra terbaik yang diberikan Aceh untuk nasional.
"Sebagai bagian dari generasi tersebut, Nezar kami anggap adalah sosok yang paling tepat untuk mewakili mimpi, cita-cita, dan cara pandang kami tentang dunia. Selain itu Nezar layak disebut sebagai 'Orang Aceh di Jakarta, yang tidak pernah kehilangan arti menjadi Aceh'," katanya.
Disebutkan juga, Nezar selalu membawa Aceh di mana pun dia berada sebagai satu identitas yang melekat kuat, tanpa merasa terbenani pada saat dia sedang menjalankan misinya sebagai perwakilan nasional.
Nezar adalah salah seorang yang telah berupaya mengakhiri konflik bersenjata di Aceh, antara RI dan GAM, baik dalam perannya sebagai wartawan maupun aktivis pro demokrasi.
Nezar adalah sedikit dari orang Aceh yang bersedia mengawal nama baik Aceh di tingkat nasional, terutama dari stigma buruk karena penilaian yang keliru, fitnah dan kesalahpahaman.
Nezar dalam setiap tulisan maupun ceramah-ceramahnya telah memberikan gambaran yang bertolak belakang mengenai Aceh kepada dunia luar. Keuletan seperti ini bagaimanapun telah mengubah pemahaman komunitas nasional dan internasional tentang Aceh menjadi tidak lagi sebagaimana yang mereka pernah bayangkan sebelumnya.
Nezar adalah salah seorang dari sedikit tokoh Aceh yang paling awal membuka kasus-kasus pelanggaran HAM di Aceh pada masa daerah operasi militer (DOM) kepada khalayak nasional dan internasional.
Berdasarkan alasan-alasan di atas, BPPA menyatakan bahwa Nezar Patria,  sosok yang telah menunjukkan perannya di zaman sekarang,  adalah wakil dan suara rakyat Aceh untuk nasional sebagai menteri pada kabinet Jokowi-JK 2014-2019.
Suara dan wakil untuk Aceh yang lebih bermartabat dan  untuk Indonesia yang lebih baik.

Pewarta:

Editor : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2014