Program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) yang digelar di sejumlah daerah di Provinsi Aceh membangun jalan untuk masyarakat sepanjang 9,8 kilometer lebih.

Kepala Penerangan Kodam Iskandar Muda Kolonel Arh Sudrajat di Banda Aceh, Kamis, mengatakan kegiatan TMMD ke-108 tersebut dilaksanakan di tiga daerah, Aceh Barat, Nagan Raya, dan Aceh Tamiang.

"Di tengah kewaspadaan pandemi COVID-19, program TMMD ini dilaksanakan secara serentak di Indonesia, termasuk di wilayah Kodam Iskandar Muda, Aceh dengan membangun lebih dari 9,8 kilometer jalan," kata Kolonel Arh Sudrajat.

Tiga wilayah program TMMD ke-108 di Aceh yakni di wilayah teritorial Kodim 0105/Aceh Barat. TMMD di Aceh Barat membuka dan membangun jalan baru sepanjang 2,2 kilometer. Selain itu, juga dibangun parit dengan panjang 2,2 kilometer di kiri kanan jalan.

"Sasaran fisik lainnya, pembuatan box culvet dengan panjang empat meter dan lebar tujuh meter. Serta membangun lapangan bola voli, pembuatan sumur bor, dan kegiatan sosial lainnya," kata Kolonel Arh Sudrajat.

TMMD di wilayah Kodim 0116 Nagan Raya, juga membuka dan membangun jalan baru sepanjang 1,35 kilometer beserta parit di kiri kanan jalan. Kedalaman parit yang dibangun mencapai satu meter.

Sedangkan sasaran pekerja fisik lainnya dalam TMMD di Nagan Raya, sebut Kolonel Arh Sudrajat, di antaranya pembangunan empat box culvert, Pembangunan tiga rumah, penimbunan sungai mati serta kegiatan sosial lainnya.

Sedangkan TMMD di wilayah Kodim 0117/Aceh Tamiang di antaranya pembangunan dan pengerasan jalan sepanjang 6,3 kilometer, pembuatan parit  di kiri kanan jalan sepanjang 3,2 kilometer, pembangunan lima box culvet, pembangunan rumah, perbaikan rumah ibadah, dan lainnya.

"Selain pekerjaan fisik, TMMD juga menyelenggarakan kegiatan nonfisik berupa penyuluhan wawasan kebangsaan, bela negara, bahaya narkoba, dan penggunaan media sosial," kata Kolonel Arh Sudrajat.

Selain itu, juga dilakukan penyuluhan kepada masyarakat berupa pertanian, perkebunan, dan peternakan. Termasuk penyuluhan kesehatan dengan menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

"Program TMMD merupakan bentuk kepedulian TNI dalam membantu percepatan pembangunan di wilayah sulit terjangkau, dan juga upaya melestarikan budaya luhur Bangsa Indonesia yakni kebersamaan dan gotong royong," pungkas Kolonel Arh Sudrajat.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020