Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyalurkan bantuan masa panik untuk korban bencana angin puting beliung di Kabupaten Aceh Tengah, Jumat.

Nova juga meninjau langsung dampak bencana di empat desa di daerah itu yang telah menimbulkan kerusakan rumah-rumah warga di sana.

"Ini ada bantuan masa panik yang bersumber dari Dinas Sosial Provinsi Aceh," kata Nova Iriansyah saat penyerahan bantuan secara simbolis kepada Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar.

Nova Iriansyah menyampaikan bahwa rumah-rumah warga yang rusak nantinya akan dibangun kembali oleh pemerintah melalui program rehab rekon.

Untuk ini Nova meminta agar Bupati setempat segera melengkapi data dan membuat surat pengajuan program rehabilitasi dan rekonstruksi ke Pemerintah Aceh.

"Selanjutnya kita menunggu dari Bupati," ujar Nova.

Bencana angin puting beliung terjadi pada Selasa (25/8), menyebabkan kerusakan sedikitnya 34 unit bangunan di empat desa di Kecamatan Pegasing, Aceh Tengah.

Masing-masing desa yang terkena dampak adalah kampung Kayu Kul, Kampung Kute Lintang, Kampung Jurusen, dan Kampung Bebangka.

Sementara pasca bencana dilaporkan sebanyak 20 jiwa penduduk harus mengungsi sementara akibat kehilangan tempat tinggal mereka.


 

Pewarta: Kurnia Muhadi

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020