Pemerintah Aceh melalui Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyalurkan bantuan berupa material untuk sejumlah korban puting beliung yang rumahnya rusak pada 9 Juni 2020 di empat kecamatan dalam Kabupaten Aceh Utara.

Korban puting beliung yang mendapat bantuan BPBA pada Jumat (28/8) tersebut tersebar di sejumlah gampong (desa) di Kecamatan Meurah Mulia, Nibong, Tanah Luas dan Paya Bakong.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBA Ir. Muhammad Syahril, MM dalam keterangan tertulis kepada Antara di Aceh Utara mengatakan, hasil verifikasi permohonan yang diajukan BPBD Aceh Utara dalam dua setengah bulan terakhir maka hanya dapat dibantu terlebih dahulu untuk para korban yang terjadi di bulan Juni 2020.

"Sementara untuk permohonan serupa pada kejadian bulan berikutnya masih dalam proses verifikasi tim BPBA," kata Muhammad Syahril.

Harapan pihaknya, kata Muhammad Syahril, bantuan Pemerintah Aceh melalui BPBA dapat digunakan sebaik- baiknya dan disalurkan tepat sasaran sesuai kebutuhannya, sehingga dapat meringankan beban para korban.

Sementara Kalaksa BPBD Amir Hamzah yang mengacu arahan Wakil Bupati Fauzi Yusuf mengatakan bahwa bantuan tersebut diserahkan melalui Camat masing-masing kecamatan dan selanjutnya didistribusikan ke titik sasaran pada Jumat pagi.

"Pemerintah Aceh Utara berterima kasih kepada Pemerintah Aceh melalui BPBA yang membantu material pascabencana puting beliung di empat kecamatan," sebut Amir Hamzah.

Kalaksa BPBD juga mengapresiasi peran serta Camat dan Muspika, Perangkat Gampong serta semua komponen masyarakat yang ikut membantu dan peduli pascabencana puting beliung. 

Dijelaskan bantuan untuk Kecamatan Meurah Mulia diserahkan oleh Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Aceh Utara Chairuddin,S.Sos untuk Gampong Blang Reuma 4 KK, Meunje Peut 1 KK, Meunje Payong 1 KK, Baroh Kuta Bate 2 KK dan Meunasah Mee 2 KK, adapun bantuan itu di antaranya berupa kayu, seng, paku dan paku seng.

Sementara untuk Kecamatan Nibong diserahkan kepada para korban di Gampong Ranto 3 KK dan Seulunyok 3 KK. Kecamatan Tanah Luas hanya 1 KK saja yakni untuk korban di Gampong Alue Glumpang.

Sedangkan untuk Kecamatan Paya Bakong diserakan untuk korban di Gampong Asan Seuleumak 7 KK, Pucok Alue Seuleumak 4 KK, Cot Teufah 4 KK dan untuk Gampong Tgk. Dibanda Tek-Tek 10 KK.

Amir menjelaskan bahwa secara menyeluruh total bantuan diterima untuk dibagikan sesuai jatah dan tingkat kerusakan rumahnya baik rusak ringan, sedang dan berat di empat kecamatan tersebut berjumlah 730 lembar seng, kayu 5 x10 = 200 batang, kayu 5 x7 = 300 batang, papan 150 lembar, paku 2 inci = 45 Kg, paku 4 inci = 45 Kg dan paku seng = 75 Kg.

 

Pewarta: Zubir

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020